Logo Bloomberg Technoz

Kebutuhan Israel menjadi semakin mendesak pada 13 April lalu, ketika pertahanan udaranya--dengan bantuan dari Amerika Serikat, Inggris, dan negara-negara lain--menangkis rentetan sekitar 300 pesawat tak berawak dan rudal yang ditembakkan oleh Iran. Hal ini memicu kekhawatiran akan eskalasi saling balas dan memicu kekhawatiran akan terjadinya perang yang lebih luas. Pada Kamis malam, Israel menyerang balik dalam sebuah operasi pesawat tak berawak terbatas, menurut dua pejabat AS.

Permintaan terbaru ini terpisah dari permintaan tambahan dana sebesar US$95 miliar yang tampaknya akan diloloskan oleh Kongres pada akhir pekan ini untuk memberikan bantuan militer kepada Israel dan Ukraina. Salah satu pejabat tersebut mengatakan bahwa AS belum memulai proses peninjauan, yang akan memakan waktu berbulan-bulan dan tidak menjamin adanya penjualan.

Amunisi tank akan menyumbang sebagian besar penjualan, dengan Keluarga Kendaraan Taktis Menengah Oshkosh Corp sebagai bagian terbesar kedua, kata salah satu pejabat.

Senator Chris Van Hollen, anggota Partai Demokrat dari Maryland, telah mendesak Biden untuk menahan bantuan militer ofensif, termasuk bom, hingga Israel mengizinkan bantuan kemanusiaan mengalir tanpa hambatan. Van Hollen mendesak Biden untuk menegakkan Undang-Undang Bantuan Luar Negeri, yang melarang bantuan kepada negara-negara yang membatasi "secara langsung atau tidak langsung" pengiriman bantuan kemanusiaan AS, kecuali jika presiden memutuskan bahwa hal itu merupakan kepentingan keamanan nasional AS.

Permintaan baru ini juga terpisah dari permintaan sebelumnya untuk menjual kepada Israel lebih dari 1.000 bom MK-82 seberat 500 pon dan lebih dari 1.000 bom berdiameter kecil seberat 250 pon serta sekering untuk amunisi lainnya yang masih menunggu persetujuan kongres. Penjualan amunisi yang tertunda ini jika disetujui dan ditandatangani kontraknya baru akan dikirim pada tahun 2025.

(bbn)

No more pages