Logo Bloomberg Technoz

Penembakan jet tersebut membuka kerentanan baru bagi militer Presiden Vladimir Putin, yang mengandalkan armada pembom era Soviet sebagai alat utama dalam kampanye rudalnya terhadap negara tetangga Ukraina. Pesawat supersonik ini, yang dirancang selama Perang Dingin, mampu melancarkan serangan dari jauh di dalam wilayah Rusia, dan sejauh ini tetap tidak tersentuh oleh pertahanan udara Ukraina.

Kyiv selama ini merahasiakan kemampuannya untuk menjatuhkan target di dalam Rusia. GUR mengatakan jet itu dihancurkan menggunakan senjata sejenis yang sebelumnya digunakan untuk menembak jatuh pesawat pengintai radio A-50, tanpa memberikan perincian lebih lanjut. Ukraina melaporkan telah menembak jatuh A-50 di dekat Laut Azov pada bulan Januari dan satu lagi di atas wilayah Rusia pada bulan Februari.

Serangan Mematikan

Setidaknya sembilan warga sipil tewas dan lebih dari 20 lainnya terluka dalam serangan semalam di kota Dnipro tengah dan sekitarnya. Pasukan Kremlin melancarkan rentetan 22 rudal dan 14 drone bermuatan bahan peledak, yang membebani pertahanan udara Ukraina yang semakin menipis. Pertahanan udara Ukraina berhasil menembak jatuh 15 dari 22 rudal dan semua drone.

Operator kereta api JSC Ukraine Railways mengatakan infrastruktur mereka di wilayah itu rusak, menyebabkan keterlambatan kereta api dan penutupan sementara stasiun kereta api pusat di Dnipro. Kota tersebut, yang sebelum perang memiliki populasi hampir 1 juta orang, adalah pusat utama Ukraina yang terdekat dengan medan perang.

Gubernur Serhiy Lysak mengatakan via Telegram, selain korban jiwa, serangan itu membakar gedung apartemen bertingkat tinggi di Dnipro dan merusak setidaknya tiga lusin rumah penduduk di wilayah tersebut.

Presiden Volodymyr Zelenskiy, yang sedang mengunjungi pasukan di wilayah Donetsk, mengulangi seruannya kepada sekutu Ukraina untuk segera menyediakan lebih banyak sistem pertahanan udara. Melalui unggahan di X, platform media sosial yang sebelumnya bernama Twitter, ia mengatakan bahwa sistem tersebut "tidak boleh disimpan di gudang tetapi harus dikerahkan di kota dan komunitas nyata yang menghadapi teror."

Serangan di wilayah Dnipro terjadi setelah serangan serupa di kota utara Chernihiv pada hari Rabu yang menewaskan 18 orang dan melukai 78 orang.

Bantuan militer bernilai miliaran dolar Amerika Serikat yang tertunda lama untuk Ukraina akhirnya akan disahkan oleh Kongres. Pemungutan suara diperkirakan akan dilakukan pada hari Sabtu di Dewan Perwakilan Rakyat yang dipimpin oleh Partai Republik.

Bantuan AS, yang tertunda karena perselisihan internal, dapat disetujui pada saat beberapa sekutu terkuat Ukraina khawatir Kyiv mungkin tidak dapat mempertahankan diri lebih lama lagi melawan pasukan Rusia yang lebih kuat dan bersenjata lebih baik.

“Ada risiko nyata bahwa Ukraina bisa kalah di medan perang pada akhir tahun 2024 atau setidaknya menempatkan Putin pada posisi di mana dia pada dasarnya bisa menentukan ketentuan penyelesaian politik,” kata Direktur Badan Intelijen Pusat AS William Burns di sebuah forum militer minggu ini.

(bbn)

No more pages