Logo Bloomberg Technoz

Pesawat Pembom Rusia Ditembak Jatuh usai Tewaskan 9 Warga Ukraina

News
19 April 2024 19:00

Pameran tank dan kendaraan militer Rusia yang hancur dipamerkan di Kyiv, Ukraina, Senin (21/8/2023). (Andrew Kravchenko/Bloomberg)
Pameran tank dan kendaraan militer Rusia yang hancur dipamerkan di Kyiv, Ukraina, Senin (21/8/2023). (Andrew Kravchenko/Bloomberg)

Aliaksandr Kudrytski dan Volodymyr Verbianyi - Bloomberg News

Bloomberg, Ukraina mengklaim telah menembak jatuh sebuah pesawat pembom strategis Rusia untuk pertama kalinya sejak invasi Kremlin dimulai. Sebelumnya, pesawat tersebut melancarkan serangan rudal yang menewaskan setidaknya sembilan orang di wilayah Dnipro tengah.

Menurut badan intelijen militer Ukraina (GUR) di situs webnya, pesawat Tu-22M3 itu ditembak jatuh sekitar 300 kilometer dari perbatasan Ukraina setelah meluncurkan rudal. GUR mengatakan ini adalah serangan sukses pertama Ukraina terhadap jenis pembom ini sejak dimulainya invasi Rusia. Kementerian Pertahanan Ukraina juga mengkonfirmasi serangan tersebut.

Keberhasilan militer Ukraina dalam menjatuhkan pesawat itu terjadi ketika Amerika Serikat diperkirakan akan segera memberikan suara terkait bantuan militer yang tertunda lama. Para sekutu Ukraina khawatir kemampuan Ukraina untuk mempertahankan garis pertahanan akan berkurang seiring invasi skala penuh Rusia yang memasuki tahun ketiga.

Menurut laporan TASS yang mengutip gubernur setempat di Stavropol, setidaknya satu pilot tewas, dua orang selamat, dan satu lainnya hilang. Militer Rusia sejauh ini belum memberikan komentar tentang kecelakaan tersebut.