Logo Bloomberg Technoz

Spekulasi telah meningkat bahwa Israel mungkin akan melakukan serangan balasan untuk menargetkan fasilitas nuklir Iran. Iran terus memperkaya uraniumnya hingga mencapai kemurnian 60%, bagian dari upaya yang terus dilakukannya selama beberapa tahun terakhir sejak pemerintahan Trump mundur dari kesepakatan nonproliferasi yang dimaksudkan untuk menghentikan pengembangan nuklirnya.

"Pusat-pusat nuklir musuh Zionis telah diidentifikasi, dan intelijen yang diperlukan tentang semua target telah kami miliki," kata Haghtalab. Israel memiliki pusat penelitian nuklir di dekat kota gurun Dimona dan secara luas diyakini memiliki senjata nuklir meskipun tidak pernah mengonfirmasi keberadaannya.

Di kemudian hari, Menteri Luar Negeri Hossein Amirabdollahian menegaskan kembali sikap Iran terhadap Israel saat ia berpidato di Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa. Dewan tersebut membahas ketegangan yang dipicu oleh serangan pejuang Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober dan kampanye darat Israel di Jalur Gaza untuk membasmi kelompok militan yang didukung oleh Iran.

"Pertahanan dan tindakan balasan yang sah dari Iran telah selesai," kata Amirabdollahian. Israel "harus dipaksa untuk menghentikan petualangan militer lebih lanjut terhadap kepentingan kami." Jika tidak, katanya, Iran akan "memberikan tanggapan yang tegas dan tepat" yang akan membuat Israel "menyesali tindakannya."

Presiden Joe Biden telah mendesak Netanyahu untuk "mengambil kemenangan" setelah keberhasilan pertahanan udara Israel dalam menangkis serangan tersebut dan tidak membalas. Pemerintah dan masyarakat Israel terpecah tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya, dengan jajak pendapat Universitas Ibrani yang mengatakan bahwa sekitar setengah dari warga Israel percaya bahwa negara mereka harus merespons meskipun itu berarti memperpanjang konflik.

Namun, ada juga pertanyaan tentang bagaimana cara melakukannya, dan apakah akan melakukannya sendiri. Brigadir Jenderal Zvika Haimovich, mantan kepala pertahanan udara, mengatakan bahwa tidak mungkin Israel tidak melakukan apa-apa, tetapi "Saya pikir sangat penting bagi Israel untuk tidak berdiri sendiri melawan Iran."

Sementara itu, Biden telah berusaha untuk menunjukkan bahwa AS mendukung Israel dan semakin menekan ekonomi Iran. AS memberlakukan sanksi baru pada Kamis terhadap 16 orang dan entitas termasuk sebuah perusahaan yang membantu membuat mesin untuk jenis pesawat tak berawak yang diluncurkan dalam rentetan serangan terhadap Israel.

"Saya telah mengarahkan tim saya, termasuk Departemen Keuangan, untuk terus menjatuhkan sanksi yang semakin mendegradasi industri militer Iran," kata Biden dalam sebuah pernyataan. "Biarlah ini menjadi jelas bagi semua pihak yang memungkinkan atau mendukung serangan Iran: Amerika Serikat berkomitmen terhadap keamanan Israel."

Israel menyambut baik pernyataan tersebut. Menteri Luar Negeri Israel Katz menulis sebuah unggahan di X yang mengatakan bahwa sekarang adalah waktunya "untuk membentuk front global dan koalisi regional melawan Iran, bersama dengan AS, Uni Eropa, dan negara-negara Arab moderat, untuk menghentikan kepala ular yang mengancam stabilitas global."

(bbn)

No more pages