Logo Bloomberg Technoz

Iran: Ancaman Israel Bisa Picu Pergeseran Kebijakan Nuklir

News
19 April 2024 10:30

Bendera Iran. (Dok: Bloomberg)
Bendera Iran. (Dok: Bloomberg)

Patrick Sykes - Bloomberg News

Bloomberg, Seorang jenderal tinggi Iran mengatakan negaranya mungkin akan mempertimbangkan kembali kebijakan nuklirnya jika Israel mengancam akan menyerang situs-situs atomnya, sebuah peringatan tersirat bahwa Teheran mungkin akan berlomba untuk mengembangkan senjata nuklir karena retorika yang terus meningkat setelah serangan pesawat tak berawak dan rudal pada 13 April lalu.

Komandan Korps Garda Revolusi Islam Ahmad Haghtalab tidak merinci perubahan apa yang mungkin terjadi, namun Teheran telah lama mengatakan bahwa program nuklirnya, yang telah menimbulkan kekhawatiran dari AS, Israel dan PBB selama bertahun-tahun, semata-mata hanya untuk tujuan damai. Haghtalab juga mengatakan bahwa serangan semacam itu akan mendorong serangan balasan terhadap fasilitas nuklir Israel.

"Adalah mungkin dan dapat dibayangkan untuk merevisi doktrin nuklir dan kebijakan Republik Islam Iran dan menyimpang dari pertimbangan deklarasi sebelumnya" jika Israel menggunakan ancaman serangan terhadap fasilitas nuklir Iran untuk menekan Teheran, katanya, dalam komentar yang dilaporkan oleh Kantor Berita Republik Islam Iran.

Komentar tersebut mengipasi ketegangan yang telah diupayakan oleh AS dan sekutunya untuk diredam pada hari-hari sejak Iran meluncurkan rentetan sekitar 300 pesawat tak berawak dan rudal ke Israel sebagai tanggapan atas serangan di Suriah yang menewaskan beberapa perwira Iran pada 1 April. Israel, AS, dan Inggris menembak jatuh hampir semua senjata yang masuk, tetapi Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan pejabat tinggi Israel lainnya mengatakan bahwa negara itu tidak punya pilihan selain merespons.