Logo Bloomberg Technoz

Investor semakin skeptis tentang seberapa jauh saham-saham AS dapat naik setelah reli 10% di kuartal pertama--awal tahun terkuat sejak 2019. Kemunduran terbaru ini terjadi bahkan ketika data AS menunjukkan kekuatan ekonomi yang berkelanjutan.

Hanya sehari setelah Jerome Powell melemparkan air dingin pada taruhan penurunan suku bunga, pembeli turun muncul di pasar Treasury, dengan imbal hasil dua tahun turun lebih jauh di bawah 5% dan penjualan obligasi 20 tahun senilai US$13 miliar menarik permintaan yang kuat.

"Bank sentral AS tetap berada di jalurnya untuk memangkas suku bunga dua kali tahun ini, kemungkinan besar dimulai pada pertemuan September," kata Solita Marcelli, kepala investasi untuk Amerika di unit manajemen kekayaan UBS Group AG. "Ini berarti prospek imbal hasil obligasi berkualitas tetap positif dan menarik, dan bahwa kerugian baru-baru ini pada pendapatan tetap cenderung bersifat sementara."

Dolar jatuh untuk pertama kalinya dalam enam hari pada Rabu karena para pejabat di Jepang dan Korea terus menyatakan keprihatinan atas penurunan mata uang mereka. Yen telah turun hampir 9% dan won telah turun sekitar 7% tahun ini terhadap dolar.

Premi risiko ekuitas untuk ekuitas AS--sebuah ukuran perbedaan antara imbal hasil yang diharapkan dari saham dan obligasi--sekarang berada jauh di wilayah negatif, sesuatu yang belum pernah terjadi sejak awal tahun 2000-an.

Meskipun ini tidak selalu merupakan indikator negatif untuk pasar saham, semuanya bergantung pada siklus ekonomi. Premi yang lebih rendah dapat dilihat sebagai janji peningkatan laba perusahaan di masa depan, tetapi juga sebagai tanda bahwa sebuah gelembung sedang terbentuk.

US Equity Risk Premium (Dok: Bloomberg)

Fundamental dan tren teknikal untuk pasar ekuitas masih terlihat mendukung, menunjukkan bahwa kemunduran yang terjadi baru-baru ini hanya bersifat sementara, menurut para ahli strategi HSBC yang dipimpin oleh Max Kettner.

"Sentimen dan posisi tidak menunjukkan sinyal peringatan, meskipun para investor uang riil telah mulai memperluas sikap konstruktif mereka terhadap ekuitas akhir-akhir ini, tulis mereka.

Di tempat lain, minyak merosot lebih dari 3% pada Rabu, terbebani oleh data industri China yang lebih lemah dan karena persediaan minyak mentah AS membengkak, sementara emas turun 0,9%.  

(bbn)

No more pages