Logo Bloomberg Technoz

Sub-komite Permanen Senat untuk Investigasi akan mendengarkan keterangan dari seorang insinyur kualitas Boeing, yang memperingatkan regulator AS tentang dugaan perubahan manufaktur oleh perusahaan yang menurutnya dapat melemahkan struktur pesawat 787 Dreamliner dari waktu ke waktu.

Tuduhan tersebut telah memicu penyelidikan oleh Administrasi Penerbangan Federal, sementara para investor telah digelisahkan oleh prospek gangguan lebih lanjut pada 787, sumber uang tunai yang sangat penting, setelah penghentian pengiriman selama hampir dua tahun.

'Rusak'

Pelapor, Sam Salehpour, akan bergabung dengan yang lainnya untuk membahas apa yang disebut panel sebagai "budaya keselamatan yang rusak" di Boeing selama sidang dengar pendapat, yang dipimpin oleh Senator Richard Blumenthal, anggota Partai Demokrat dari Connecticut yang mengetuai sidang tersebut.

Dalam pengarahan rinci dan tur pabrik dengan wartawan pada Senin, para eksekutif teknik Boeing menepis klaim pelapor bahwa pesawat 787 berada dalam bahaya kerusakan struktural dini, dengan mengatakan bahwa kerangka komposit karbon tidak menunjukkan tanda-tanda kelelahan selama lebih dari satu dekade pengujian.

Pembuat pesawat juga membantah tuduhan Salehpour bahwa mereka mengambil jalan pintas dalam proses produksi, termasuk mengabaikan potensi serpihan yang jatuh ke dalam celah struktur yang kecil atau menggunakan tenaga yang berlebihan untuk menyatukan batang serat karbon.

Perusahaan tersebut mengatakan bahwa mereka tidak menemukan bukti adanya pelemahan struktur pada lebih dari 900 jet yang diproduksi dengan teknik yang dikritik oleh Salehpour.

Pada Rabu, Komite Perdagangan Senat akan menyelidiki tinjauan yang memberatkan terhadap budaya keselamatan perusahaan oleh panel ahli yang dibentuk oleh FAA. Laporan yang diterbitkan pada Februari tersebut menyalahkan Boeing atas prosedur yang tidak efektif dan gangguan komunikasi antara manajemen senior dan anggota staf lainnya. Sidang dengar pendapat ini akan dipimpin oleh Senator Maria Cantwell, anggota Kongres dari Partai Demokrat dari negara bagian Washington, yang merupakan lokasi pabrik Boeing 737 Max.

'Mengerti'

Javier de Luis, seorang insinyur kedirgantaraan dan dosen di Massachusetts Institute of Technology, berencana untuk mengatakan kepada komite tersebut bahwa langkah dan komitmen pembuat pesawat untuk berubah tidak sesuai dengan apa yang dibutuhkan setelah dua kecelakaan 737 Max pada tahun 2018 dan 2019 yang menewaskan 346 orang, termasuk saudaranya.

Dalam sambutan tertulis yang disiapkan untuk sidang dengar pendapat, de Luis mengutip apa yang disebutnya sebagai komentar "menyedihkan" bulan lalu oleh Chief Financial Officer Boeing Brian West, yang mengatakan bahwa penekanan produksi pesawat di atas kualitas perlu diubah dan bahwa kepemimpinan perusahaan "mengerti" setelah kecelakaan 5 Januari, di mana panel badan pesawat meledak dari 737 Max 9 tak lama setelah lepas landas.

"Saya akan berpikir bahwa mereka akan 'mengerti' lima tahun yang lalu," kata de Luis dalam pernyataan tertulisnya.

Sejak sebuah pesawat Boeing 737 Max 9 mengalami kehilangan bagian badan pesawat, FAA telah memperketat pengawasan terhadap Boeing, memaksa perusahaan tersebut untuk memperlambat produksi dan mengirimkan staf ke pabrik-pabrik mereka untuk meninjau prosesnya. Pabrikan telah diberi waktu 90 hari untuk memberikan tanggapan komprehensif dan memperbaiki produksinya.

Para penyelidik AS mengatakan bahwa pesawat yang terlibat dalam kecelakaan tersebut ternyata kehilangan empat baut utama yang dimaksudkan untuk menahan bagian tersebut di tempatnya, sebuah kekeliruan yang terjadi di jalur perakitan akhir Boeing.

Calhoun, yang telah mengatakan bahwa ia berencana untuk mengundurkan diri pada akhir tahun ini, belum secara terbuka menentukan apakah atau kapan ia akan berpartisipasi dalam dengar pendapat. Dia telah bertemu dengan para pejabat di FAA untuk membahas tanggapan perusahaan terhadap krisis keselamatan.

Sementara itu, para pelanggan maskapai penerbangan mengeluhkan bahwa kesengsaraan Boeing merembet ke operasi mereka, dengan semakin sedikitnya pesawat yang dikirimkan, sehingga menekan jadwal penerbangan dan menaikkan biaya.

(bbn)

No more pages