Logo Bloomberg Technoz

AS Bakal Sanksi Program Drone & Rudal Iran Setelah Serang Israel

News
17 April 2024 08:00

Bendera Iran. (Dok: Bloomberg)
Bendera Iran. (Dok: Bloomberg)

Josh Wingrove - Bloomberg News

Bloomberg, Amerika Serikat akan menjatuhkan sanksi baru terhadap Iran, yang kini mensasar program rudal dan drone negara itu setelah serangan ke Israel akhir minggu lalu mengancam konflik lebih luas di Timur Tengah.

Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih Jake Sullivan mengatakan sanksi itu akan diumumkan "dalam beberapa hari ini" dan mengambahkan bahwa AS sedang berkoordinasi dengan negara-negara anggota G-7 dan sejumlah mitra lain terkait "respons menyeluruh."

"Kami tidak akan ragu mengambil tindakan, dengan berkoordinasi dengan sekutu dan mitra di seluruh dunia, dan juga dnegan Kongres, untuk meminta pertanggungjawaban pemerintah Iran atas aksi jahat dan menimbulkan ketidakstabilan mereka," kata Sullivan dalam pernyataan tertulis yang dirilis Selasa (16/5/2024). . 

Sullivan mengatakan Amerika Serikat juga akan mengumumkan sejumlah sanksi terhadap entitas yang mendukung Pasukan Penjaga Revolusi Islam dan Kementerian Pertahanan negara itu. Langkah-langkah ini akan diikuti oleh sekutunya.