Logo Bloomberg Technoz

Israel Disebut Hadapi Dilema Mau Balas Serangan Iran

Redaksi
16 April 2024 20:40

Iran Serang Israel (Dok. Bloomberg)
Iran Serang Israel (Dok. Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Israel masih belum sepakat bagaimana membalas serangan Iran pada akhir pekan lalu yang menyebabkan lebih dari 300 proyektil ditembakkan ke wilayahnya dalam konfrontasi militer langsung pertama antara Republik Islam dan negara Yahudi tersebut.

Israel harus menyeimbangkan tekanan internasional untuk menahan diri di satu sisi, sambil mencari respons yang tepat terhadap serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu sekarang harus mempertimbangkan seruan koalisi sayap kanannya untuk melakukan reaksi keras terhadap risiko isolasi internasional lebih lanjut bagi Israel dengan memperluas perang tanpa dukungan internasional.

Setelah pertemuan selama hampir tiga jam pada Senin, kabinet perang Israel tetap bertekad untuk menanggapi serangan Iran atas apa yang dikatakan Republik Islam itu sebagai pembalasan atas serangan yang dicurigai dilakukan Israel terhadap sebuah gedung diplomatik Iran di Damaskus pada 1 April.

Meskipun ada tekanan dari para sekutu untuk tidak meningkat, kepala staf Pasukan Pertahanan Israel (IDF) Letnan Jenderal Herzi Halevi mengatakan pada Senin bahwa serangan Iran terhadap Israel "akan dibalas."