Logo Bloomberg Technoz

Iran menembakkan lebih dari 300 drone dan misil dalam serangan pertamanya ke Israel dari wilayahnya sendiri. Hampir semuanya dicegat oleh pasukan Israel, AS, Inggris, Prancis, dan beberapa pasukan Arab. Proyektil tersebut menyebabkan kerusakan ringan, dan hanya satu orang, seorang anak, yang dilaporkan terluka.

Biden berusaha mengembalikan fokus pada proposal kesepakatan gencatan senjata yang dimaksudkan untuk menghentikan operasi militer Israel di Jalur Gaza. Ditanya seberapa cepat Israel akan menanggapi serangan akhir pekan Iran, juru bicara Dewan Keamanan Nasional John Kirby mengatakan AS tidak ingin melihat konflik yang lebih luas dan akan membantu Israel mempertahankan diri.

"Anda meminta saya untuk mendahului, sejauh yang saya tahu, keputusan yang bahkan belum dibuat kabinet perang," kata Kirby tentang pembahasan Israel.

Presiden Prancis Emmanuel Macron mengatakan dalam wawancara dengan TV BFM Prancis dan radio RMC bahwa "kami akan melakukan segala yang kami bisa untuk menghindari gejolak, dan mencoba meyakinkan Israel bahwa kami tidak boleh menanggapi dengan eskalasi, tetapi dengan mengisolasi Iran." Kanselir Jerman Olaf Scholz membuat komentar serupa saat mengunjungi China. Baik menteri luar negerinya maupun Inggris akan melakukan perjalanan ke Israel akhir pekan ini.

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu saat konferensi pers di Tel Aviv, Israel, Senin (10/4/2023). (Kobi Wolf/Bloomberg)

"Kami sangat ingin menghindari eskalasi dan berkata kepada teman-teman kami di Israel ini adalah saat untuk berpikir dengan kepala dan hati," kata Menteri Luar Negeri Inggris David Cameron kepada Times Radio pada hari Senin.

Pada hari Senin, Wakil Menteri Luar Negeri Iran Ali Bagheri Kani berjanji untuk melawan serangan Israel dengan "serangan yang lebih keras, lebih cepat, dan lebih langsung." Kani, yang menjabat sebagai kepala negosiator Iran dalam perundingan terkait nuklir, mengatakan dalam sambutan yang disiarkan di televisi bahwa Iran hanya perlu "beberapa detik" untuk melancarkan serangan balasan ke Israel. Komentar tersebut semakin memicu kekhawatiran akan eskalasi konflik.

Beberapa menteri Israel mengatakan negara mereka perlu melakukan serangan keras untuk menghalangi Iran mengulangi serangannya. Netanyahu belum menjelaskan rencananya, selain mengatakan bahwa Israel akan menanggapi dalam beberapa cara tertentu.

"Israel sangat menghargai dukungan Amerika Serikat, Inggris, Prancis, dan lainnya dalam menggagalkan serangan Iran terhadap Israel," kata kantor Netanyahu dalam sebuah posting di media sosial. "Komunitas internasional harus terus bersatu dalam melawan agresi Iran ini, yang mengancam perdamaian dunia."

Militer Israel telah mengajukan serangkaian tindakan yang mungkin dilakukan kepada pemerintah, Peter Lerner, juru bicara, mengatakan dalam wawancara Radio Bloomberg.

"Kita perlu bersabar dan memahami bahwa situasi di sini sangat rapuh," katanya. Pemerintah sedang "menimbang pro dan kontra dari masing-masing cara."

Negara-negara anggota G-7 berbicara satu sama lain pada Minggu, dan mengatakan mereka akan mencoba untuk menghentikan "eskalasi regional yang tidak terkendali."

Iran mengatakan tindakannya adalah tanggapan yang sah atas serangan 1 April di kompleks diplomatiknya di Suriah. Iran menyalahkan Israel atas serangan tersebut. Serangan itu menewaskan tujuh perwira Iran, termasuk dua jenderal.

Setiap pembalasan oleh Israel harus dibatasi pada kepentingan militer dan dilakukan dengan "cara yang sangat terkalibrasi untuk mengakhiri aksi saling balas," kata Macron, yang mengatakan dia berencana untuk segera berbicara dengan Netanyahu.

Politik Timur Tengah telah berubah karena perang Israel di Gaza dengan Hamas. Serangan udara dan darat balasan Israel telah menewaskan lebih dari 33.000 orang di Gaza.

(bbn)

No more pages