Logo Bloomberg Technoz

Adapun, crumple zone dirancang untuk runtuh dan menyerap energi saat tabrakan, sehingga melindungi kabin penumpang. 

Yannes menjelaskan, crumple zone yang lebih pendek pada minibus memberikan ruang yang lebih sedikit untuk penyerapan energi dalam tabrakan frontal. 

Selain itu, pada beberapa desain minibus, mesin berpotensi berada lebih dekat dengan kompartemen penumpang dibandingkan dengan beberapa mini SUV. 

“Posisi ini berpotensi meningkatkan risiko intrusi ke dalam kabin saat terjadi tabrakan frontal,” ujar Yannes. 

Menko Muhadjir: GranMax Angkut 12 Orang, Semua Meninggal (Bloomberg Technoz/Arie Pratama)

Sebanyak 12 orang meninggal dunia dalam kecelakaan maut di Tol Jakarta—Cikampek, Senin (8/4/2024). Menko PMK Muhadjir Effendy menyebut sebanyak 12 orang meninggal merupakan penumpang minibus Daihatsu GranMax.

"Dapat dipastikan jumlah penumpang 12 orang, dan semuanya meninggal," ujar Menko PMK Muhadjir, Senin (8/4/2024).

"Teridentifikasi dua jenazah, asal Ciamis dan Kudus," ujar Muhadjir menegaskan.

Diberitakan sebelumnya, tiga kendaraan terlibat kecelakaan di Tol Jakarta-Cikampek KM 58, Senin (8/4/2024) pagi. 

Korlantas Polri, Irjan Aan Suhanan mengatakan kecelakaan bermula saat minibus Daihatsu Grandmax berkendara dari arah Jakarta menuju ke timur menggunakan jalur contraflow di tempat kejadian perkara (TKP).

Selanjutnya, kendaraan tersebut oleng ke ke arah kanan sehingga menabrak bus dan satu kendaraan minibus Daihatsu Terios yang berada di belakangnya.

“Ini menurut pantauan sementara dari CCTV itu oleng ke kanan sehingga menabrak bus dan menabrak kendaraan lainnya yang ada di belakang bus,” kata Aan dalam keterangan resminya di RSUD Karawang, Senin (8/4/2024).

(dov/wdh)

No more pages