Logo Bloomberg Technoz

ECB: Sejarah Tunjukkan Lebih Buruk Potong Suku Bunga Terlalu Dini

News
15 February 2024 11:30

Joachim Nagel (Bloomberg)
Joachim Nagel (Bloomberg)

Sonja Wind - Bloomberg News

Bloomberg, Menurut anggota Dewan Gubernur Bank Sentral Eropa (ECB) Joachim Nagel, sejarah menunjukkan bahwa melonggarkan kebijakan moneter terlalu dini lebih buruk daripada terlambat.

"Dari pengalaman masa lalu, sering kali lebih menyakitkan jika Anda menurunkan suku bunga terlalu dini dan kemudian mungkin mengalami fase lain di mana harga-harga naik dan Anda kemudian harus mengambil tindakan balasan," kata Gubernur Bundesbank kepada Bloomberg di sela-sela sebuah acara di kota Leipzig, Jerman timur.

"Ini berarti harga yang lebih tinggi pada akhirnya dalam hal ekonomi," ujarnya, dan mendesak para pejabat untuk bersabar dalam menilai situasi.

Para pembuat kebijakan termasuk Nagel mengisyaratkan bahwa pemotongan pertama dalam biaya pinjaman tidak mungkin terjadi sebelum Juni, dengan banyak yang masih waspada mengenai potensi kenaikan upah yang dapat memicu kebangkitan tekanan harga. Data inflasi AS yang lebih kuat dari perkiraan pada Selasa menyoroti risiko-risiko yang masih ada bagi bank sentral.