Logo Bloomberg Technoz

Foxconn Technology Group merakit hampir 67% dan Pegatron Corp. sekitar 17% dari iPhone buatan India pada tahun fiskal yang berakhir Maret 2024, menurut sumber tersebut. iPhone yang tersisa dibuat di pabrik Wistron Corp. di negara bagian Karnataka selatan, yang diambil alih oleh konglomerat garam-ke-perangkat lunak Tata Group tahun lalu. Tata berencana membangun salah satu pabrik perakitan iPhone terbesar di India.

Angka dolar mengacu pada perkiraan nilai perangkat saat keluar dari pabrik, bukan label harga eceran. Perwakilan Apple menolak berkomentar.

CEO Apple Tim Cook sangat berhati-hati dalam membina hubungannya dengan para pemimpin Partai Komunis Tiongkok, mengingat sensitivitas diversifikasi geografis perusahaan. Dia mengunjungi Tiongkok bulan lalu untuk bertemu dengan menteri perdagangan negara tersebut dan membuka toko baru di Shanghai.

Peralihan jangka panjang dari Tiongkok menandai perubahan bertahap dari model lama yang membantu mendorong iPhone ke garis depan industri. Hal ini juga bertepatan dengan pemikiran ulang strategis, karena perusahaan yang merevolusi sektor ponsel pintar ini sedang mencari kesuksesan besar berikutnya.

Secara lebih luas, pertumbuhannya di India mencerminkan kemunculan negara tersebut sebagai pusat manufaktur, tempat perusahaan-perusahaan seperti Tesla Inc., Cisco Systems Inc. dan Google dari Alphabet Inc. tertarik untuk membuat perangkat keras.

“Perubahan dunia telah mengubah prioritas bisnis, dengan risiko geopolitik, ketahanan terhadap gangguan, dan persyaratan ESG yang kini menentukan arah,” tulis analis Bloomberg Intelligence termasuk Steven Tseng dalam laporan bulan Februari yang menelusuri pergeseran rantai pasokan teknologi global. “Mengakhiri ketergantungan eksklusif pada rantai pasokan teknologi Tiongkok adalah hal yang mahal dan rumit, namun berkurangnya daya tarik negara ini memerlukan pendekatan baru.”

Untuk saat ini, Apple memproduksi model mulai dari 12 lama hingga iPhone 15 terbaru di India, tetapi tidak untuk model Pro dan Pro Max dengan spesifikasi lebih tinggi. Perusahaan ini mengekspor sebagian besar perangkat tersebut dari India, yang menguasai sekitar 6% pasar ponsel pintar yang didominasi oleh merek Tiongkok yang lebih murah.

Namun negara ini juga merupakan salah satu arena seluler dengan pertumbuhan tercepat di dunia, didukung oleh pertumbuhan kelas menengah, pertumbuhan penetrasi broadband, dan kebijakan dukungan pemerintah yang agresif.

Tahun lalu, Apple membuka dua toko pertamanya di sana, di ibu kota New Delhi dan pusat keuangan Mumbai. Mereka berencana untuk membuka tiga gerai lagi di India hingga tahun 2027.

“Diversifikasi rantai pasokan teknologi dari daratan Tiongkok tidak dapat dihindari,” tulis Tseng.

— Dengan bantuan dari Mark Gurman dan Vlad Savov

(bbn)

No more pages