Logo Bloomberg Technoz

“Untuk cicil emas bisa mendapatkan diskon uang muka hingga Rp50.000 setiap gramnya, sedangkan untuk gadai tabungan emas mendapat cashback sampai 1%. Masyarakat juga bisa mendapatkan diskon hingga Rp1 juta untuk setiap top up tabungan emas,”  terangnya.

Melalui promo tersebut, kata Zulfan, perseroan berharap masyarakat atau nasabah yang masih memiliki sisa tunjangan hari raya (THR) bisa memanfaatkan untuk berinvestasi emas di Pegadaian. 

Realisasi Gadai

Pada perkembangan lain, Zulfan mengatakan bisnis gadai terus bertumbuh pada tahun ini. Sampai dengan Februari 2024, Pegadaian mencatat bisnis gadai tumbuh 3,06% dibandingkan dengan tahun lalu atau secara year on year (yoy).

Selaras dengan tren tersebut, lanjutnya, Pegadaian juga mencetak kenaikan laba sebesar 21,4% yoy pada Februari. Kendati demikian, dia tidak mendetailkan nominal laba yang berhasil dibukukan perseroan pada periode tersebut.

Adapun, sampai dengan 24 Maret 2024 atau dua pekan pertama Ramadan, Pegadaian mencatat jumlah penyaluran kredit gadai menembus Rp6,3 triliun.

“Angka ini tidak jauh berbeda dari tahun sebelumnya. Adapun, untuk portofolio posisi pinjaman gadai per 24 maret 2024 masih menunjukkan angka positif pada periode Ramadan, naik Rp487 miliar atau sekitar 1%, sejak awal bulan Ramadan,” ujarnya.   

(wdh)

No more pages