Logo Bloomberg Technoz

Musim Mudik, Transaksi 'Ngecas' EV di SPKLU PLN Naik 400% Lebih

Redaksi
09 April 2024 14:20

SPKLU Mobile Pertama di Indonesia Kini Ada di Ruas Tol Jawa Tengah - 3 (Dok. PLN)
SPKLU Mobile Pertama di Indonesia Kini Ada di Ruas Tol Jawa Tengah - 3 (Dok. PLN)

Bloomberg Technoz, Jakarta – PT PLN (Persero) melaporkan permintaan layanan charging baterai kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) di stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) pada periode arus mudik Lebaran 2024 mencapai kapasitas 92,4 MWh.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan angka tersebut naik 5,2 kali lipat atau lebih dari 400% dari periode arus mudik Lebaran tahun lalu yang hanya 17 MWh. Realisasi tersebut didapatinya hingga H-3 Lebaran atau per Minggu (7/9/2024). 

Dari sisi transaksi, PLN mencatat penggunaan SPKLU hingga H-3 Lebaran mencapai 4.500 kali alias melesat dari 906 kali pada periode yang sama tahun lalu.

Darmawan tidak menampik tingginya penggunaan SPKLU pada musim mudik tahun ini turut dipengaruhi oleh makin banyaknya jumlah stasiun pengisian yang tersedia di areal peristirahatan Jalan Tol Trans-Jawa (JTTJ) dan Jalan Tol Trans-Sumatra (JTTS).

“Pada mudik tahun-tahun sebelumnya, SPKLU hanya terdapat pada rest area tertentu saja. Sekarang, setiap rest area ada SPKLU yang siap melayani kebutuhan pemudik,” ujarnya melalui pernyataan resmi perseroan, Selasa (9/4/2024). 

Bengisian daya baterai kendaraan listrik./Bloomberg-Michaela Nagyidaiova