Logo Bloomberg Technoz

Gerhana Matahari Total 8 April Jam Berapa? Cek Waktu & Lokasinya

Redaksi
05 April 2024 06:30

Mengamati gerhana. (Dok: Bloomberg)
Mengamati gerhana. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Gerhana Matahari Total akan terjadi Senin besok, 8 April 2024. Dimana lokasi dan jam fenomena alam ini terjadi?

Gerhana Matahari merupakan fenomena yang membuat langit menjadi gelap karena piringan Bulan menutupi Matahari, terjadi sekitar empat hari dari sekarang.

Fenomena langit gelap juga tidak akan dialami Indonesia atau negara-negara lain di garis ekuator. Adalah negara-negara di benua Amerika belahan utara, mulai dari  Meksiko, Amerika Serikat (AS), dan Kanada, juga sebagian wilayah Arktik di Kutub Utara.

Tercatat ada 15 negara bagian di AS yang dilewati dan jadi pusat pengamatan Gerhana Matahari 54 tahun sekali tersebut, seperti Dallas, Indianapolis, hingga Cleveland. Jalur totalitas dalam skala kecil terjadi di sebagian Tennessee dan Michigan.

Rincian Kapan dan Dimana Gerhana Matahari Berlangsung

Gerhana Matahari akan berlangsung selama 4 menit 28 detik atau berlangsung lebih lama dari biasanya karena jarak bulan ke bumi hanya sekitar 360.000 kilometer, salah satu jarak terdekat di tahun ini, dilansir dari NASA.