Logo Bloomberg Technoz

Turki Mulai Longgarkan Aturan Paksa Bank Beli Obligasi Pemerintah

News
06 April 2024 16:20

Ilustrasi Turki. (Kostas Tsironis/Bloomberg)
Ilustrasi Turki. (Kostas Tsironis/Bloomberg)

Tugce Ozsoy dan Beril Akman - Bloomberg News

Bloomberg, Pemerintah Turki melonggarkan semakin melonggarkan aturan yang memaksa bank-bank lokal membeli obligasi pemerintah dan mengurangi rasio pengelolaan keamanan, sebagai langkah baru untuk mengakhiri langkah-langkah sanksi kepada bank-bank tersebut.

Otoritas moneter membatalkan pembelian obligasi pemerintah secara paksa oleh pemberi pinjaman Turki terkait dengan target pertumbuhan kredit, menurut sebuah pernyataan yang disampaikan Sabtu (6/5/2024). Rasio pengelolaan sekuritisasi terhadap kewajiban diturunkan menjadi 1% dari 4%.

"Bank sentral terus menyederhanakan langkah-langkah makroprudensial untuk mempertahankan fungsi mekanisme pasar dan stabilitas makrofinansial," menurut pernyataan tersebut.

Ini adalah salah satu langkah terbesar bank sentral dalam mengakhiri kebijakan-kebijakan yang diadopsi sebelumnya ketika menaikkan suku bunga bukanlah sebuah pilihan. Pembelian obligasi secara paksa adalah bagian dari tambal sulam peraturan yang diperkenalkan oleh kepemimpinan sebelumnya, yang sesuai dengan preferensi Presiden Recep Tayyip Erdogan untuk suku bunga sangat rendah dan kemudian memperkenalkan lusinan peraturan baru untuk mengkompensasi gangguan pasar yang diakibatkannya.