Logo Bloomberg Technoz

Stok AS Tertinggi dalam 2 Tahun, Harga Minyak Dunia Drop

News
23 March 2023 07:56
Saluran pipa di Viru Keemia Grupp AS (VKG. Fotografer: Peter Kollanyi/Bloomberg
Saluran pipa di Viru Keemia Grupp AS (VKG. Fotografer: Peter Kollanyi/Bloomberg

Yongchang Chin - Bloomberg News

Bloomberg  - Harga minyak dunia turun karena stok minyak mentah Amerika Serikat (AS). meningkat dan berapa level tertinggi dalam dua tahun. Selain itu kebijakan hawkish Bank Sentral AS atau The Federal Reserve (The Fed) ikut memberikan tekanan kepada harga minyak karena menaikkan suku bunga acuan lagi.

Harga minya jenis West Texas Intermediate (WTI) untuk kontrak Mei diperdagangkan mendekati US$70 per barel setelah naik sekitar 6% di tiga hari pertama pekan ini. Harga miyak WTI tercatat turun 1,1% menjadi $70,09 per barel di New York Mercantile Exchange (NYMEX), pagi ini.

Sementara itu, harga minyak jenis Brent untuk kontrak Mei naik 1,8% menjadi US$76,69 per barel di bursa ICE Futures Europe pada hari Rabu.

Gubernur The Fed Jerome Powell menyampaikan akan lebih banyak pengetatan mungkin terjadi setelah kenaikan bunga acuan 25 basis poin hari Rabu (22/3/2023). Ia juga menyebut suku bunga tidak akan turun tahun ini. Komentar tersebut muncul kurang dari dua minggu setelah krisis perbankan terparah sejak 2008.

Sementara itu, stok minyak mentah nasional AS meningkat ke level tertinggi sejak Mei 2021. Ini terjadi karena produksi minyak di Gulf Coast melebihi penurunan di kilang pusat AS di Cushing, Oklahoma, menurut data resmi. Ekspor minyak AS juga melonjak ke rekor tertinggi, berdasarkan data dari Energy Information Administration.

Minyak mentah menuju penurunan kuartal pertama tertajam sejak 2020, saat pandemi memukul permintaan global. Kemerosotan harga didorong oleh kekhawatiran tentang potensi resesi AS, aliran Rusia yang kuat meskipun sanksi Barat, dan gejolak perbankan.

Namun, ada tanda-tanda permintaan yang kuat di Asia saat China pulih setelah negara tersebut membatalkan kebijakan Covid Zero akhir tahun lalu.

(bbn)