Logo Bloomberg Technoz

Suku bunga pinjaman terbaik di Hong Kong digunakan sebagai dasar bagi bank untuk mengutip suku bunga pinjaman hipotek, sehingga mereka memiliki kemampuan untuk mendorong lebih banyak pinjam meminjam apa pun yang terjadi dengan suku bunga dasar HKMA.

HSBC, Standard Chartered dan bank besar lainnya menaikkan suku bunga pinjaman mereka beberapa kali tahun lalu karena pengetatan kebijakan moneter yang lebih agresif. Namun akhir-akhir ini tidak banyak tekanan pada bank untuk terus melakukannya.

Suku Bunga Antar Bank Hong Kong satu bulan, yang dikenal sebagai Hibor (mewakili rata-rata harian dari apa yang bank katakan akan dikenakan biaya untuk saling meminjamkan), berada pada kisaran 34% lebih rendah dari level tertinggi Desember baru-baru ini.

Semua bank mempertahankan suku bunga tersebut pada bulan Februari, terakhir kali HKMA naik.

Namun, gejolak yang sedang berlangsung di sektor perbankan telah menimbulkan beberapa pertanyaan tentang stabilitas sistem keuangan global dan pada gilirannya, beberapa bank terbesar di dunia.

Saham HSBC dan Standard Chartered jatuh awal pekan ini karena investor mencoba mencari tahu apakah pengambilalihan Credit Suisse Group AG oleh UBS Group AG berdampak pada nilai obligasi tambahan tingkat 1 yang diterbitkan oleh pemberi pinjaman, seperti HSBC.

Kekhawatiran akhirnya bermuara pada apakah ada hilangnya kepercayaan atau risiko eksposur sebagai efek riak dari Credit Suisse. Tekanan uang tunai singkat di Hong Kong minggu ini menunjukkan seberapa tinggi taruhannya.

Pada hari Selasa, Hibor semalam melonjak paling tinggi sejak Bloomberg mulai mengumpulkan data pada tahun 2006, melonjak 253 basis poin menjadi 4,14%. Pengukur satu bulan memiliki kenaikan terbesar sejak 2008. Kedua kurs turun pada hari Rabu.

Biaya Pinjaman Semalam Hong Kong Turun karena Pengurangan Uang Tunai

Otoritas moneter kota mengaitkan lonjakan tingkat pendanaan antar bank dengan permintaan mata uang lokal di tengah volatilitas pasar dan kebutuhan akhir kuartal.

(bbn)

No more pages