Logo Bloomberg Technoz

Kim Jong Un Pimpin Uji Coba Rudal Baru, Bisa Hantam Pangkalan AS

News
03 April 2024 13:30

Kim Jong Un (Sumber: Bloomberg)
Kim Jong Un (Sumber: Bloomberg)

Jon Herskovitz - Bloomberg News

Bloomberg, Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengawasi uji coba rudal balistik baru yang dirancang untuk mengerahkan kendaraan luncur hipersonik yang dapat mengirimkan muatan nuklir, demikian laporan media pemerintahnya, dan menyebut uji coba itu sebagai "keberhasilan yang sangat penting."

Media propaganda Kim pada Rabu memuji peluncuran rudal yang dilakukan sehari sebelumnya, yang dikatakannya sebagai rudal jarak menengah--yang berarti rudal tersebut dapat menghantam pangkalan militer AS di wilayah tersebut. Mereka juga mengatakan bahwa rudal itu berbahan bakar padat, yang berarti dapat dengan cepat dikerahkan dan ditembakkan.

Masih harus dilihat apakah Korea Utara benar-benar telah mengembangkan kendaraan luncur hipersonik yang fungsional. Senjata ini dirancang untuk mengerahkan kendaraan masuk kembali untuk membawa hulu ledak nuklir yang dapat mengubah jalur penerbangannya dengan kecepatan tinggi, sehingga sulit bagi pencegat untuk menembak jatuh.

Media pemerintah Korea Utara menunjukkan gambar Kim berada di dekat rudal yang dijuluki Hwasong-16B sebelum peluncuran dan roket tersebut terbang di udara.