Logo Bloomberg Technoz

Korut Uji Coba Mesin Berbahan Bakar Padat untuk Rudal Hipersonik

News
20 March 2024 14:20

Kim Jong Un Pimpin Latihan Unit Artileri (Dok: Bloomberg)
Kim Jong Un Pimpin Latihan Unit Artileri (Dok: Bloomberg)

Soo-Hyang Choi - Bloomberg News

Bloomberg, Korea Utara (Korut) menguji coba mesin berbahan bakar padat untuk rudal balistik jarak menengah hipersonik barunya, kata media pemerintah pada Rabu, sebuah langkah yang kemungkinan besar bertujuan untuk meningkatkan kemampuan serangan negara itu terhadap pangkalan AS di Asia.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengawasi uji coba tersebut pada Selasa, dan memuji senjata baru tersebut sebagai aset strategis yang sebanding dengan rudal balistik antarbenua, demikian ungkap Kantor Berita Pusat Korea.

Kim mengatakan "nilai strategis militer dari sistem senjata ini dihargai sama pentingnya dengan ICBM... dan musuh-musuh lebih tahu tentang hal itu," KCNA melaporkan. Media pemerintah merilis foto-foto uji coba tersebut di mana pemimpin Kim terlihat tersenyum dan bertepuk tangan.

Uji coba ini dilakukan sehari setelah Korea Utara menembakkan beberapa rudal balistik dalam sebuah unjuk kekuatan yang bertepatan dengan kunjungan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken ke Seoul untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) untuk Demokrasi.