Logo Bloomberg Technoz

Pada 2017 Carbondale menarik 261.000 wisatawan dengan total mencatat belanja US$63,5 juta (sekitar Rp1 triliun), menurut catatan Wyoming Office of Tourism. Data lain dari South Carolina’s Department of Parks, Recreation & Tourism mencatat dampak ekonomi mencapai US$269 juta (sekitar Rp4,2 triliun) dengan jumlah pengunjung wisata Gerhana Matahari 1,6 juta orang.

Beberapa kota yang akan mengalami gerhana tahun 2024 menggunakan analisis tersebut sebagai dasar proyeksi mereka. Angela Speck, seorang profesor astrofisika di University of Texas di San Antonio dan co-chair gugus tugas the American Astronomical Society’s Solar Eclipse  memperingatkan bahwa para pemimpin lokal tidak boleh terlalu terikat pada target yang ambisius.

“Anda memiliki sejumlah faktor yang berbeda yang akan mempengaruhi seberapa besar dampak yang akan terjadi di berbagai lokasi di sepanjang jalur tersebut,” katanya.

Faktor Cuaca

Gerhana Matahari kembali terjadi pada hari Senin, 8 April. Kejadian ini akan sepenuhnya terlihat dari sebagian besar wilayah Amerika Utara, yang membentang dari New Brunswick di Kanada, hingga Mazatlan di Meksiko.

Dengan langit yang cerah dan suhu yang hangat untuk hari itu, Texas diperkirakan akan mendapatkan jumlah pengunjung terbesar di AS, kata Speck.

Di San Antonio, di mana gerhana akan sepenuhnya terlihat di bagian barat laut kota, banyak kamar hotel dan tempat perkemahan telah dipesan sejak bulan Januari.

Rute perjalanan gerhana, membandingkan 2017 dan 2024 di wilayah Amerika Serikat. (Dok: Bloomberg)

Kota-kota lain yang lebih kecil, menjadi target alternatif kunjungan wisatawan, mengerahkan sumber daya untuk membuat acara ini menjadi daya tarik bagi para pelancong. 

Meski terdapat kemungkinan langit mendung, para pemimpin di Rochester, New York, berharap daerah mereka akan menjadi tujuan pilihan bagi para pemburu gerhana dari wilayah metro New York dan Boston, keduanya dapat ditempuh dalam satu hari perjalanan.

Kota ini mengantisipasi 300.000 hingga 500.000 pengunjung di seluruh wilayah Rochester selama akhir pekan gerhana yang panjang, kata manajer acara Kara Osipovitch, dan dampak ekonomi setidaknya US$10 juta.

Sovenir gerhana tahun 2024

Pemerintah kota Rochester mengeluarkan dana sekitar US$70.000 untuk mendukung berbagai acara pengamatan dan perayaan Gerhana Matahari yang diselenggarakan oleh lembaga-lembaga setempat.

Di Rochester Museum & Science Center, para stafnya telah membicarakan rencana acara tahun ini selama lebih dari satu dekade. Ada pilihan tiket festival gerhana selama tiga hari, truk makanan, dan pengamatan teleskop dijual seharga US$50. Khusus acara pembukaan VIP pada hari Jumat malam dijual dengan harga US$150, dengan penawaran spesial rekreasi lainnya. 

Cokelat jadi bagian dari sovenir gerhana tahun 2024.

Ketika para pemimpin museum mengetahui bahwa beberapa kota kehabisan kacamata guna melihat gerhana pada tahun 2017, mereka memesan 550.000 pasang kacamata untuk dijual dan dibagikan dengan biaya US$130.000, kata Daniel Schneiderman, koordinator kemitraan gerhana RMSC.

Pada tahun 2017, beberapa distrik sekolah di seluruh Amerika Serikat dikritik karena menahan murid-muridnya di dalam kelas selama gerhana berlangsung. Jadi, Rochester meliburkan kelas K-12 pada hari itu, untuk memastikan anak-anak dapat menyaksikan fenomena tersebut, serta mengatasi kemacetan lalu lintas pada jam pulang sekolah yang bertepatan dengan saat gerhana totalitas penuh pada pukul 15:23.

Kegembiraan di sekitar kota sangat terasa. Hotel-hotel mendekati tingkat hunian penuh, bar lokal menuangkan bir bertema, dan pom bensin menjual kaos suvenir. Namun, mengingat ketidakpastian berapa banyak orang yang akan berbelanja, para pejabat kota mengatakan bahwa mereka berfokus untuk membuat Rochester seramah mungkin dan tidak terlalu memikirkan potensi pendapatan.

“Menyenangkan sekali bisa melakukan sesuatu yang positif yang menyatukan semua orang. Ini adalah hal yang benar-benar langka terjadi,” kata Osipovitch.

Bir dan kacamata pengamatan gerhana

Trish Erzfeld, direktur Perry County Heritage Tourism di Perry County, Missouri, memiliki keuntungan dari pengalaman sebelumnya, karena pada tahun 2017 jalur totalitas juga melewati daerahnya.

Erzfeld mengatakan bahwa sulit untuk mengukur dampak lokal dalam bentuk dolar, karena pengeluaran pada akhir pekan itu sangat terdistribusi. Namun, Erzfeld menganggap akhir pekan itu sukses besar karena tingkat perhatian yang tidak biasa diberikan kepada daerah berpenduduk 19.000 jiwa.

Tahun ini ia menghabiskan sekitar US$95.000 - sekitar tujuh kali lipat dari anggaran tahun 2017 - untuk port-a-potties, live band, demonstrasi sains, dan penyewaan tempat di Perryville, pusat kota.

Di tempat lain di Perryville, Angie Hoeckele, salah satu pemilik Hoeckele Bakery & Deli, menambah jumlah karyawannya untuk acara tahun ini setelah gerhana tahun 2017 menghasilkan sekitar 20% lebih banyak penjualan dibandingkan akhir pekan biasa. Moonier Florist berencana untuk menjual petunia “Moonstruck”, sebuah pilihan yang tepat mengingat bulan April merupakan awal musim tanam bunga tersebut.

Perencana libur pekan Gerhana Matahari lainnya, yang sudah berpengalaman mengatakan, “Saya rasa setiap bisnis memang merasakan keuntungan, tetapi ketika saya melihat keseluruhan pendapatan masyarat dan pajak penjualan untuk tahun itu, hal itu tidak terlihat,” kata Williams, manajer kota Carbondale, mengacu pada acara Gerhana Matahari 2017.

Dia memperkirakan jumlah orang yang datang tahun ini lebih sedikit karena ada awan mendung, dan dia mengeluarkan biaya yang lebih sedikit daripada yang dikeluarkan pada tahun lalu.

Meski begitu Southern Illinois University (SIU) di Carbondale akan menjadi tujuan wisata gerhana tersendiri. Seperti yang terjadi pada tahun 2017, SIU bersiap-siap untuk menjadi tuan rumah bagi puluhan ribu pengamat langit, termasuk di Stadion Saluki dengan biaya US$25 per orang, acara tiga jam yang diselenggarakan bersama dengan NASA dan Adler Planetarium di Chicago.

Komentator dari kalangan ahli akan memandu para pengunjung selama empat menit dan sembilan detik totalitas, sementara teleskop surya dari lokasi lain akan menerangi jumbotron.

Bob Baer, seorang anggota staf sekolah fisika SIU dan co-chair komite pengarah gerhana universitas, mengatakan bahwa dengan adanya gerhana tahun 2017, para perencana acara dapat menghabiskan lebih sedikit waktu untuk memikirkan rekayasa lalu lintas, kapasitas kamar mandi dan lebih banyak waktu untuk menciptakan pengalaman yang paling mendalam.

“Apa pun yang ingin kami lakukan dalam skala yang sangat, sangat besar, kami akan melakukannya,” kata Baer.

(bbn)

No more pages