Logo Bloomberg Technoz

Untuk sekarang, "Pertumbuhan sedang kuat, jadi benar-benar tidak ada urgensi untuk menyesuaikan suku bunga," katanya.

Gubernur The Fed Cleveland Loretta Mester, berbicara kepada wartawan setelah acara terpisah Selasa, mengatakan dia masih melihat tiga pemotongan suku bunga sebagai sesuatu yang kemungkinan tepat tahun ini, tetapi itu "adalah keputusan yang sulit" apakah lebih sedikit pemotongan akan diperlukan. 

Mester mengatakan sebelumnya bahwa dia ingin melihat lebih banyak bukti inflasi bergerak lebih rendah sebelum mulai memangkas suku bunga.

"Itu benar-benar tergantung pada apa yang terjadi dalam ekonomi dan bagaimana perkembangannya," kata Mester. 

"Apakah pembacaan awal yang kita dapatkan tentang inflasi sejauh ini tahun ini, apakah mereka mengatakan bahwa proses disinflasi sedang berhenti atau akankah itu berarti pembacaan tersebut seperti penyimpangan di jalan dan kita kembali ke jalur menurun?"

Para pejabat The Fed sepakat secara luas pada pertemuan kebijakan mereka pada tanggal 19-20 Maret bahwa akan tepat untuk mulai memangkas suku bunga acuan mereka pada tahun 2024, dengan median peserta secara sempit memperkirakan tiga penurunan pada tahun ini, menurut proyeksi yang diterbitkan setelah pertemuan tersebut.

Rentang target untuk suku bunga saat ini adalah 5,25% hingga 5,5%, dan investor menempatkan peluang kira-kira sama untuk pemotongan awal pada Juni, menurut futures. 

Mereka juga sekarang memperhitungkan sekitar 70 basis poin pelonggaran pada tahun 2024, menunjukkan mereka melihat risiko kurang dari tiga pemotongan.

Pejabat Fed terbagi: sembilan dari mereka sekarang melihat dua atau lebih sedikit pemotongan suku bunga tahun ini, menunjukkan proyeksi mereka, setelah data inflasi yang mengecewakan di awal tahun 2024.

Laporan pada hari Jumat menunjukkan bahwa indeks harga pengeluaran konsumsi pribadi inti yang tidak termasuk biaya makanan dan energi naik 0,3% pada Februari setelah meningkat 0,5% di bulan sebelumnya, menandai kenaikan terbesar berturut-turut dalam setahun. Ukuran tersebut naik 2,8% dari tahun sebelumnya, masih di atas target 2% Fed.

Mester mengatakan pembacaan inflasi yang lebih tinggi dari yang diharapkan dari awal tahun sebagian besar hanya mengkonfirmasi sifat tidak stabil dari disinflasi. Dia mengatakan dia masih percaya pertumbuhan harga akan terus mendingin menuju tujuan 2% Fed, hanya saja dengan kecepatan yang lebih lambat dari tahun lalu.

(bbn)

No more pages