Logo Bloomberg Technoz

Usai Spinoff, MIND ID Pakai Nama PT Mineral Industri Indonesia

Fransisco Rosarians Enga Geken
21 March 2023 20:48

Ilustrasi gedung Kementerian BUMN. (Dok. Kementerian BUMN)
Ilustrasi gedung Kementerian BUMN. (Dok. Kementerian BUMN)

Bloomberg Technoz, JakartaHolding badan usaha milik negara (BUMN) sektor industri pertambangan, MIND ID, resmi memiliki nama usaha bernama PT Mineral Industri Indonesia (Persero). Perusahaan ini tidak lagi memakai nama PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau INALUM yang sudah memisahkan diri untuk berfokus pada operasional peleburan atau penghiliran alumunium nasional.

Dengan transformasi ini, MIND ID akan lebih fokus pada strategic holding company; antara lain peningkatan efektifitas dari kegiatan-kegiatan strategis, efisiensi dan peningkatan nilai tambah antaranggota holding, pengelolaan manajemen risiko, serta pengawasan kegiatan operasional anggota holding.

Penandatanganan dokumen transformasi MIND ID-INALUM tersebut dilakukan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang berlangsung di Jakarta.

“Dengan demikian diharapkan akan lebih mudah memberikan kontribusi dan manfaat yang lebih besar kepada seluruh pemangku kepentingan,” kata Corporate Secretary MIND ID, Heri Yusuf dalam siaran pers yang diterima, Selasa (21/3/2023).

Pabrik PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero). (Dok. PT INALUM)

Transformasi MIND ID–INALUM memang bertujuan memisahkan fungsi holding dan operasional yang selama ini melekat pada satu entitas perusahaan. Transformasi ini juga akan memperkuat tata kelola MIND ID sehingga dapat mengoptimalkan kontribusi perusahaan kepada seluruh pemangku kepentingan.