Logo Bloomberg Technoz

“Kami berpandangan atas pasar tentang ke mana arah fundamental ekonomi, daripada pandangan ekonom atau ahli strategi, adalah yang pada akhirnya mendorong harga pasar saham,” kata Lori Calvasina di RBC Capital Markets.

Saham naik tipis setelah menghabiskan sebagian besar hari untuk berjuang menentukan arah. Para trader enggan untuk membuat taruhan besar sebelum pengukur inflasi pilihan Fed dan pernyataan Jerome Powell pada hari Jumat—di kala pasar akan ditutup.

S&P 500 mencapai level 5.250, diakhiri dengan rally kuartalan lebih dari 10%. Imbal hasil obligasi bertenor dua tahun, yang lebih sensitif terhadap kebijakan Fed, naik lima basis poin menjadi 4,62% dalam sesi yang dipersingkat menjelang liburan.

Kenaikan yield ini setelah pernyataan Gubernur Fed Christopher Waller bahwa ia ingin melihat “setidaknya beberapa bulan data inflasi yang lebih baik” sebelum menurunkan suku bunga. Dolar memperpanjang kenaikan kuartalannya.

Dalam data ekonomi, dua ukuran utama aktivitas pemerintah - GDP dan GDI — membukukan kemajuan yang kuat pada akhir tahun lalu. Sentimen konsumen meningkat tajam menjelang akhir Maret, didukung oleh kenaikan pasar saham yang kuat dan ekspektasi bahwa inflasi akan terus menurun.

S&P 500 akan mengakhiri tahun ini di level 5.300 karena konsensus perkiraan PDB riil AS telah meningkat dalam sebuah pertanda positif untuk saham-saham, menurut Calvasina dari RBC Capital Markets, yang menaikkan targetnya dari 5.150.

Sejak Perang Dunia II, dua kuartal berturut—turut dengan kenaikan dua digit S&P 500 akan diikuti oleh beberapa pelemahan di bulan berikutnya—dengan indeks naik rata-rata 12,27% satu tahun kemudian, menurut Bespoke Investment Group.

Di Jepang, ada kewaspadaan potensi perubahan Yen di tengah membanjirnya data yang akan dirilis pada hari Jumat pasca para pejabat meningkatkan peringatan minggu ini untuk membendung penurunan mata uang.

Meskipun yen telah sedikit menguat, dia tetap mendekati level yang tidak terlihat dalam beberapa dekade.

Indeks harga konsumen (CPI) bulan Maret di Tokyo mungkin akan menunjukkan angka inflasi lebih rendah, namun mungkin masih berada di atas level 2%—yang ditargetkan oleh Bank of Japan untuk inflasi nasional, menurut Bloomberg Economics. Tingkat pengangguran, penjualan ritel, dan output industri Jepang juga akan dirilis.

Perdana Menteri Fumio Kishida pada hari Kamis mendukung perlunya mempertahankan pelonggaran moneter, sambil memperingatkan terhadap pelemahan yen.

(bbn)

No more pages