Logo Bloomberg Technoz

Jembatan yang terletak di Baltimore tersebut, atau yang lebih dikenal dengan nama Jembatan Key, dibuat pada 1977 sebagai penghormatan terhadap Francis Scott Key. Dia merupakan penyair asal Maryland di abad ke-19 yang menulis lirik lagu kebangsaan AS, Star Spangled Banner.

Jembatan ini memiliki panjang 1,6 mil (2,6 km) dan membentang di atas Sungai Patapsco dan pelabuhan Baltimore. Sungai ini bermuara di Teluk Chesapeake, muara terbesar di AS.

Jembatan ini dideskripsikan sebagai jembatan rangka kontinu. Bentang utamanya mencapai 1.200 kaki, dan merupakan yang terpanjang ketiga dari semua jembatan sejenis di dunia.

Ambruknya Jembatan Francis Scott Key

Kapal kontainer Dali usai menabrak Jembatan Francis Scott Key di sungai Patapsco di Baltimore, Maryland, AS, Selasa (26/4/2024). (Al Drago/Bloomberg)

Berdasarkan rekaman video dari insiden tersebut, tampak jembatan runtuh seketika setelah kapal Dali menabrak salah satu pilarnya. Insiden ini terjadi sekitar pukul 01.30 waktu setempat.

Delapan orang, yang merupakan kru konstruksi untuk melakukan perbaikan, terlihat di jembatan saat itu. Dua orang berhasil diselamatkan setelam jembatan runtuh, sementara enam lainnya diperkirakan tewas karena suhu air yang dingin. 

Runtuhnya jembatan akan menyebabkan gangguan transportasi selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan di wilayah Mid-Atlantik dan membuat pergeseran Kargo ke Pantai Barat AS. Kendaraan yang membawa bahan berbahaya tertentu dialihkan sepanjang jalan di seitar bagian barat Baltimore Beltway karena mereka tidak diizinkan masuk ke terowongan pelabuhan.

(del)

No more pages