Logo Bloomberg Technoz

BOJ Isyaratkan Pendekatan Hati-Hati terhadap Kenaikan Suku Bunga

News
28 March 2024 13:20

Bank of Japan (BoJ) (Dok: Bloomberg)
Bank of Japan (BoJ) (Dok: Bloomberg)

Toru Fujioka - Bloomberg News

Bloomberg, Anggota dewan Bank of Japan (BoJ) membahas perlunya untuk tetap berhati-hati pada pertemuan kebijakan pekan lalu, di mana bank mengakhiri program pelonggaran besar-besarannya dengan kenaikan suku bunga pertama Jepang sejak 2007, menurut rangkuman pendapat dari pertemuan tersebut.

"Bank perlu menekankan sikap kehati-hatiannya dalam hal mengakhiri kebijakan suku bunga negatif," kata salah satu anggota, menurut rangkuman yang dirilis Kamis. "Perekonomian Jepang tidak berada dalam kondisi di mana kenaikan suku bunga kebijakan yang cepat diperlukan."

Bank of Japan (BoJ) naikkan suku bunga acuan. (Dok: Bloomberg)

Ringkasan tersebut mengindikasikan bahwa Gubernur Kazuo Ueda dan rekan-rekannya sesama anggota dewan mendukung untuk mengambil pendekatan yang lambat terhadap kenaikan suku bunga bahkan setelah dewan memulai proses normalisasi kebijakan.

Sikap tersebut kemungkinan akan terus membebani yen. Para pejabat pemerintah meningkatkan peringatan terhadap perdagangan spekulatif dalam mata uang setelah yen merosot pada Rabu ke level terendah dalam 34 tahun terakhir.