Logo Bloomberg Technoz

Pejabat BOJ Sebut Kemungkinan Menaikkan Suku Bunga Acuan

News
27 March 2024 14:40

Kantor pusat Bank of Japan (BoJ) Sumber: Bloomberg
Kantor pusat Bank of Japan (BoJ) Sumber: Bloomberg

Toru Fujioka - Bloomberg News

Bloomberg, Anggota Dewan Bank of Japan (BoJ) Naoki Tamura mengisyaratkan keinginannya untuk secara bertahap terus menaikkan suku bunga seiring dengan upaya normalisasi kebijakan setelah menaikkan suku bunga minggu lalu untuk pertama kalinya sejak 2007.

"Penanganan kebijakan moneter sangat penting mulai saat ini untuk kemajuan normalisasi yang lambat namun stabil untuk melipat kembali pelonggaran moneter berskala besar," kata Tamura pada Rabu dalam pidatonya di hadapan para pemimpin bisnis lokal di Aomori, Jepang timur laut.

Yen melemah setelah pidato tersebut karena Tamura mengulangi kalimat dari pernyataan terbaru kebijakan BOJ bahwa kondisi keuangan akan tetap akomodatif untuk saat ini mengingat prospek inflasi.

Tamura, elang terkemuka di dewan yang beranggotakan sembilan orang, adalah anggota dewan pertama yang berbicara di depan umum setelah bank mengakhiri suku bunga negatif terakhir di dunia pada 19 Maret. Ia mengindikasikan bahwa bank belum selesai dengan kenaikan suku bunga dengan menekankan pentingnya fungsi suku bunga dalam perekonomian.