Logo Bloomberg Technoz

Laba Industri China Naik, Tanda Stabilisasi Ekonomi

News
27 March 2024 12:50

Ilustrasi industri di China. (dok Bloomberg)
Ilustrasi industri di China. (dok Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Laba perusahaan industri China meningkat dalam dua bulan pertama tahun ini, memperpanjang kenaikan beruntun sejak Agustus dan menambah tanda-tanda positif dalam perekonomian.

Laba industri naik 10,2% dari tahun sebelumnya pada Januari-Februari, menurut data yang diterbitkan oleh Biro Statistik Nasional pada Rabu. Hal itu didorong oleh basis perbandingan yang rendah dari tahun sebelumnya dan terjadi setelah pertumbuhan dua digit tercatat dalam empat dari lima bulan terakhir pada tahun 2023. Untuk setahun penuh pada 2023, laba turun 2,3% karena kemerosotan dalam tujuh bulan pertama.

China (Dok: Bloomberg)

Peningkatan laba industri memberikan lebih banyak bukti bahwa ekonomi terbesar kedua di dunia berada pada pijakan yang lebih kuat tahun ini didukung oleh rebound permintaan luar negeri dan stimulus kebijakan oleh Beijing.

Namun, tekanan deflasi masih ada karena kemerosotan properti dan lemahnya kepercayaan diri membebani permintaan domestik, dengan jatuhnya harga-harga di tingkat pabrik yang menekan margin keuntungan perusahaan-perusahaan industri.