Logo Bloomberg Technoz

China Ajukan Keluhan ke WTO atas Subsidi Kendaraan Listrik AS

News
27 March 2024 09:10

Industri mobil listrik China. (Dok: Bloomberg)
Industri mobil listrik China. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, China membawa perselisihannya dengan AS terkait subsidi kendaraan listrik ke Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), menggugat elemen-elemen dari undang-undang iklim yang ditandatangani oleh Presiden Joe Biden yang disahkan pada 2022.

Undang-undang Pengurangan Inflasi dan aturan terkait "diskriminatif" dan telah "secara serius mendistorsi" rantai pasokan kendaraan listrik global, Kementerian Perdagangan China mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Selasa yang mengumumkan pengaduan yang diajukan ke WTO.

Pejabat tinggi perdagangan AS, Duta Besar Katherine Tai, menanggapi bahwa China terus menggunakan kebijakan dan praktik yang "tidak adil" untuk merusak persaingan yang adil dan mendominasi pasar global.

Sektor mobil listrik semakin terjebak dalam ketegangan perdagangan dan geopolitik seiring dengan peralihan dunia dari mesin pembakaran internal. Uni Eropa kemungkinan akan memberlakukan tarif tambahan untuk mobil listrik yang diimpor dari China karena tuduhan subsidi yang tidak adil, sementara perusahaan baterai China yang terkemuka di dunia menghadapi perlawanan dari Washington.

EKspor kendaraan listrik China ke Eropa (Dok: Bloomberg)