Logo Bloomberg Technoz

"Pertumbuhan pendapatan di perusahaan-perusahaan industri meningkat tajam karena permintaan pasar terus pulih dan produksi industri berkembang pesat," Yu Weining, seorang analis NBS, mengatakan dalam sebuah pernyataan yang menyertai rilis data. "Hal ini menciptakan kondisi yang menguntungkan bagi keuntungan mereka untuk meningkat."

Sebanyak 29 dari 41 industri utama di China mengalami kenaikan laba dalam dua bulan pertama, kata Yu. Manufaktur dan utilitas memimpin kenaikan sementara pendapatan di perusahaan-perusahaan tambang turun. Produsen barang konsumsi mencatat lonjakan 12,9% dalam laba setelah pendapatan turun 1,1% tahun lalu.

Produksi pabrik dan investasi aset tetap tumbuh lebih cepat dari yang diharapkan dalam dua bulan pertama. Namun, para ekonom mengatakan bahwa lebih banyak dukungan kebijakan diperlukan untuk meningkatkan pendapatan rumah tangga untuk memacu konsumsi agar pemulihan lebih seimbang karena pihak berwenang berusaha untuk mencapai target pertumbuhan tahunan sekitar 5%, yang secara luas masih dianggap ambisius.

Beijing telah berjanji untuk menyediakan dana pemerintah untuk mendorong konsumen dan perusahaan-perusahaan untuk mengganti barang-barang lama termasuk mobil dan peralatan rumah tangga serta peralatan, yang seharusnya menjadi keuntungan bagi perusahaan-perusahaan industri. Namun, belum ada rincian seperti nilai bantuan fiskal tersebut.

Para pejabat bank sentral telah mengisyaratkan bahwa lebih banyak suntikan likuiditas mungkin dilakukan. Para ekonom memperkirakan People's Bank of China akan memberikan lebih banyak pemotongan sebesar 50 basis poin tahun ini untuk jumlah uang yang harus disimpan oleh bank-bank sebagai cadangan.

(bbn)

No more pages