Logo Bloomberg Technoz

“Belum pernah kita sedekat ini, walaupun hanya sementara, pada batas bawah 1,5°C sesuai Perjanjian Paris mengenai perubahan iklim,” kata Sekretaris Jenderal WMO Celeste Saulo. 

Rata-rata setiap hari pada tahun 2023, hampir sepertiga lautan global dilanda gelombang panas laut, sehingga merugikan ekosistem penting dan sistem pangan.

Menjelang akhir tahun 2023, lebih dari 90% lautan pernah mengalami kondisi gelombang panas pada suatu saat sepanjang tahun.

Menurut data awal, Gletser referensi global mengalami kehilangan es terbesar yang pernah tercatat (sejak 1950), yang disebabkan oleh pencairan ekstrem di Amerika Utara bagian barat dan Eropa.

Luas es laut Antartika sejauh ini merupakan yang terendah yang pernah tercatat, dengan luas maksimum pada akhir musim dingin sebesar 1 juta km2 di bawah rekor tahun sebelumnya hal ini setara dengan luas gabungan Perancis dan Jerman.

“Krisis iklim adalah tantangan utama yang dihadapi umat manusia dan terkait erat dengan krisis kesenjangan seperti yang terlihat dari meningkatnya kerawanan pangan dan perpindahan penduduk, serta hilangnya keanekaragaman hayati,” kata Celeste Saulo.

Anomali suhu rata-rata global tahunan (relatif terhadap tahun 1850–1900) dari tahun 1850 hingga 2023. Data berasal dari enam kumpulan data.

Jumlah orang yang mengalami kerawanan pangan akut di seluruh dunia meningkat lebih dari dua kali lipat, dari 149 juta orang sebelum pandemi COVID-19 menjadi 333 juta orang pada tahun 2023 (di 78 negara yang dipantau oleh Program Pangan Dunia).

Cuaca dan iklim ekstrem mungkin bukan penyebab utama, namun merupakan faktor yang memperburuk, menurut laporan tersebut.

Bahaya cuaca terus memicu perpindahan pada tahun 2023, menunjukkan bagaimana guncangan iklim melemahkan ketahanan dan menciptakan risiko perlindungan baru di antara populasi yang paling rentan. 

Pembangkitan energi terbarukan, yang terutama didorong oleh kekuatan dinamis dari radiasi matahari, angin, dan siklus air, telah menjadi garda depan dalam aksi iklim karena potensinya untuk mencapai target dekarbonisasi.

Pada tahun 2023, penambahan kapasitas energi terbarukan meningkat hampir 50% dari tahun 2022, dengan total 510 gigawatt (GW) – angka tertinggi dalam dua dekade terakhir.

Minggu ini, di Pertemuan Tingkat Menteri Perubahan Iklim Kopenhagen pada tanggal 21-22 Maret, para pemimpin dan menteri perubahan iklim dari seluruh dunia akan berkumpul untuk pertama kalinya sejak COP28 di Dubai untuk mendorong percepatan aksi perubahan iklim.

Meningkatkan Kontribusi yang Ditentukan Secara Nasional (NDC) negara-negara sebelum batas waktu Februari 2025, akan menjadi agenda utama, seiring dengan tercapainya kesepakatan ambisius mengenai pembiayaan pada COP29 untuk mewujudkan rencana nasional menjadi tindakan.

“Aksi Perubahan Iklim saat ini terhambat oleh kurangnya kapasitas untuk memberikan dan menggunakan layanan iklim untuk menginformasikan rencana mitigasi dan adaptasi nasional, terutama di negara-negara berkembang. Kita perlu meningkatkan dukungan untuk Badan Meteorologi dan Hidrologi Nasional agar dapat memberikan layanan informasi kepada masyarakat. memastikan generasi penerus Kontribusi Nasional didasarkan pada ilmu pengetahuan,” kata Celeste Saulo.

Laporan Keadaan Iklim Global dirilis tepat pada Hari Meteorologi Sedunia pada tanggal 23 Maret. Hal ini juga menjadi landasan bagi kampanye aksi iklim baru oleh Program Pembangunan PBB dan WMO yang akan diluncurkan pada tanggal 21 Maret. 

Hal ini akan menjadi bahan diskusi pada pertemuan tingkat menteri perubahan iklim di Kopenhagen pada 21-22 Maret.

Puluhan pakar dan mitra berkontribusi dalam laporan ini, termasuk organisasi PBB, Layanan Meteorologi dan Hidrologi Nasional (NMHS) dan Pusat Data dan Analisis Global, serta Pusat Iklim Regional, Program Penelitian Iklim Dunia (WCRP), dan Global Atmospheric Watch ( GAW), Global Cryosphere Watch dan Copernicus Climate Change Service yang dioperasikan oleh ECMWF.

Suhu panas ekstrem terjadi di Malaysia - Vietnam

Menurut data terbaru dari Departemen Meteorologi, hampir separuh Semenanjung Malaysia mengalami suhu tinggi setidaknya 35 derajat selama tiga hari berturut-turut. Mereka memperkirakan musim panas dan kering ini akan berlangsung hingga pertengahan April. Panas ekstrem ini telah menyebabkan kematian seorang pemuda berusia 22 tahun akibat serangan panas, meningkatkan risiko kekurangan air, dan menyebabkan kerugian besar pada hasil panen di pertanian.

Menteri Sumber Daya Alam dan Lingkungan Nik Nazmi Nik Ahmad mengatakan dalam sebuah wawancara pada Senin (25/03/2024) bahwa negara itu menggunakan drone untuk mensurvei lahan gambut yang rentan terbakar, dan memantau penurunan permukaan air di bendungan. Pemerintah juga akan mencari cara untuk melindungi pekerja konstruksi yang bekerja berjam-jam di bawah terik matahari.

"Untuk sebagian besar peristiwa yang dapat diperkirakan, kami memiliki pedoman, sistem, dan kebijakan yang ada, tetapi kami perlu terus menyesuaikannya karena besarannya selalu berubah," kata Nik Nazmi.

Gelombang panas juga menimpa Vietnam. Sehingga membuat persediaan kopi robusta dunia, yang digunakan untuk espresso dan minuman instan, diperkirakan akan semakin menipis. 

"Secara keseluruhan, daerah penghasil kopi menjadi panas dan kering," kata Tuan Loc Commodities yang berbasis di Kota Ho Chi Minh City dalam sebuah catatan.

"Meskipun saat ini masih musim kemarau dan cuaca seperti ini tidak terduga, perlu dicatat bahwa curah hujan berada di kisaran terendah dalam rentang 10 tahun terakhir, dan suhu berada di sisi yang lebih tinggi."

(spt)

No more pages