Logo Bloomberg Technoz

Simpang Politik Jokowi: Pulang Solo, PDIP, atau Cari Partai Baru

Muhammad Fikri
26 March 2024 13:19

Presiden Joko Widodo dalam kunjungan ke Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) untuk memantau stok beras, Kamis (15/2/2024)./YouTube Setpres
Presiden Joko Widodo dalam kunjungan ke Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) untuk memantau stok beras, Kamis (15/2/2024)./YouTube Setpres

Bloomberg Technoz, Jakarta - Teka-teki karier politik Joko Widodo di panggung politik masih terus menjadi spekulasi. Meski berulang kali mengatakan akan kembali ke kampung halaman, namun sebagian pihak memprediksi Jokowi akan tetap terlibat dalam arah politik di Indonesia.

Spekulasi yang muncul dipandang tidak berlebihan, mengingat di Istana gilirannya sang anak yang akan menjabat: Gibran Rakabuming sebagai wakil presiden. Prabowo juga diketahui merupakan 'produk endorsement' Jokowi di ujung paripurna jabatan. 

Wakil Dewan Pengarah TKN Prabowo-Gibran, Yusril Ihza Mahendra bahkan mengakui sangat terbuka kemungkinan Jokowi akan menjadi penasihat Prabowo-Gibran, meski diakui Yusril tak mesti di dalam atau luar pemerintahan. 

Jokowi, jika menginginkan terus berlanjut di politik, dipandang perlu untuk membangun kekuatan, terutama di partai politik. Menjadi pertanyaan menarik melalui kendaraan parpol apa Jokowi akan membangun kekuatan baru, di tengah situasi kurang mengenakkan dengan partai asalnya, PDI Perjuangan.

"Jika tetap di dunia politik, pilihannya dua: tetap kembali bersama partai yang membesarkannya yaitu PDIP, atau bergabung dengan partai non-PDIP," ujar Pengamat Politik Universitas Indonesia (UI), Cecep Hidayat kepada Bloomberg Technoz, Selasa (26/3/2024).