Logo Bloomberg Technoz

Lampu Jalan Tenaga Surya Baru Terpasang 67%, Lokasi Tak Merata

Dovana Hasiana
26 March 2024 12:00

Petugas PLN (Dok web.pln.co.id)
Petugas PLN (Dok web.pln.co.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melaporkan sebanyak 21.112 unit Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS) atau lampu jalan telah terpasang di 31 provinsi di seluruh Indonesia per Minggu (24/3/2024). 

Akan tetapi, Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM Eniya Listiani Dewi mengatakan terdapat sejumlah provinsi yang belum terpasang PJUTS, seperti Papua Barat dan Papua Pegunungan.

Selain dua provinsi tersebut, sejumlah provinsi lain yang belum terpasang PJUTS di antaranya adalah Sumatra Barat, Bengkulu, Gorontalo, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Utara.

“Ada beberapa, di Sumatra Barat masih 0%, beberapa titik di Sulawesi bagian utara masih ada 0%, Papua Barat 0% dan Papua Pegunungan 0%,” ujar Eniya dalam agenda rapat dengar pendapat bersama dengan Komisi VII DPR, Senin (25/3/2024).

Eniya mengatakan progres dari pemasangan PJUTS baru sebesar 67,9% dari target atau jumlah unit yang terkontrak sebanyak 31.075 unit.