Logo Bloomberg Technoz

Antam (ANTM) Bocorkan Update Proyek Baterai EV-nya dengan CATL

Dovana Hasiana
26 March 2024 09:10

Pabrik baterai CATL di Shanghai, China./Bloomberg-Qilai Shen
Pabrik baterai CATL di Shanghai, China./Bloomberg-Qilai Shen

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) atau Antam mengungkapkan kabar terkini ihwal proyek baterai kendaraan listrik atau electric vehicle (EV)-nya bersama raksasa baterai China, Contemporary Amperex Technology Co Ltd (CATL).

Sekretaris Perusahaan Antam Syarif Faisal Alkadrie mengatakan proyek baterai tersebut akan melibatkan investasi smelter nikel berbasis rotary kiln electric furnace (RKEF), kawasan industri, serta smelter berbasis berbasis high pressure acid leaching (HPAL) yang konstruksinya bakal dimulai pada 2025.

Adapun, konstruksi smelter RKEF, HPAL, dan kawasan industri tersebut merupakan tindak lanjut dari perjanjian jual beli atau sales purchase agreement (SPA) saham pada anak usaha Antam, yakni PT Sumberdaya Arindo (SDA) dan PT Feni Haltim (FHT), dengan anak usaha CATL yakni HongKong CBL Limited (HKCBL), anak usaha Ningbo Contemporary Brunp Lygend Co. Ltd. (CBL) pada Kamis (28/12/2023).

Logo CATL (Dok. Bloomberg)


Syarif menjelaskan saat ini studi kelayakan atau feasibility study (FS) sedang dilakukan untuk mencapai target konstruksi pada tahun depan.

“Saat ini sedang tahapan feasibility study, mudah-mudahan tahun depan sudah mulai bisa membangun. Mudah-mudahan lancar, sesuai target, tahun depan kita sudah mulai bisa konstruksi,” ujar Faisal dalam agenda media gathering, Senin (26/3/2024) petang.