Logo Bloomberg Technoz

RI Obral Insentif Fiskal demi Investasi Baterai CATL & LGES

Sultan Ibnu Affan
12 December 2023 13:00

Pengunjung mengisi daya bateraimobil listrik SUV Volvo EX30 saat peluncurannya di Milan, Italia, Rabu (7/6/2023). (Francesca Volpi/Bloomberg)
Pengunjung mengisi daya bateraimobil listrik SUV Volvo EX30 saat peluncurannya di Milan, Italia, Rabu (7/6/2023). (Francesca Volpi/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal BKPM) Bahlil Lahadalia memastikan pemerintah bakal memberikan insentif jumbo untuk perusahaan baterai kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) Contemporary Amperex Technology Co Ltd (CATL) dan LG Energy Solution Ltd (LGES)

Pemberian insentif itu sejalan dengan komitmen kedua perusahaan baterai EV raksasa asal China dan Korea Selatan yang bekerja sama dengan PT Indonesia Battery Corporation (IBC), untuk membangun industri EV dari hulu hingga hilir.

"Kalau ditanya apa yang pemerintah kasih? Saya kasih insentif fiskal. Izinnya pemerintah yang urus, berbagai kemudahan yang tidak merugikan negara kita kasih," ujar Bahlil di Jakarta, Senin (12/12/2023).

Bahlil mengatakan pemerintah pun bakal memberikan kepastian dan jaminan perihal pabrik raksasa itu dalam investasi jangka panjang demi memuluskan rantai pasok pengembangna EV dalam negeri.

"Berbagai penjaminan, kepastian tentang investasi, semuanya [akan kita kasih]. Kalau ada masalah, saya turun tangan," ujar dia.