Logo Bloomberg Technoz

Kenaikan dolar mencerminkan pergeseran pemikiran investor tentang mata uang cadangan dunia. Pada awal tahun, banyak yang memperkirakan dolar akan melemah terhadap mata uang lainnya karena The Fed semakin dekat dengan penurunan suku bunga. Sekarang, prospek bahwa bank-bank sentral negara maju lainnya juga akan memangkas suku bunga telah menghidupkan kembali daya tarik mata uang ini.

Inflasi (Dok: Bloomberg)

"Pengetatan biasanya menyebabkan resesi ketika memicu krisis keuangan yang berubah menjadi krisis kredit," kata Ed Yardeni, presiden perusahaan riset eponymous, dalam sebuah catatan Senin. "Urutan kejadian tersebut tidak mungkin terjadi sekarang," katanya, mengutip penggunaan langkah-langkah likuiditas darurat oleh Fed untuk mengatasi krisis, seperti tekanan dalam sistem perbankan AS pada Maret tahun lalu.

Para investor akan sangat fokus pada sejumlah data inflasi di seluruh dunia minggu ini. Hal ini termasuk ukuran inflasi yang mendasari Fed, yang akan dirilis pada Jumat, yang diperkirakan akan menunjukkan kenaikan harga yang masih cukup tinggi di Februari. Indeks pengeluaran konsumsi pribadi inti, yang tidak termasuk biaya makanan dan energi, terlihat naik 0,3% menyusul kenaikan bulanan terbesar dalam setahun.

Pembacaan inflasi juga akan dirilis di Australia, Perancis, Italia, dan Spanyol pada akhir minggu ini, memberikan kejelasan mengenai kenaikan harga karena para investor mulai memposisikan diri untuk penurunan suku bunga.

Perkiraan penurunan suku bunga The Fed telah mendorong minat baru dalam apa yang disebut perdagangan obligasi curam, di mana para investor membeli obligasi AS bertenor pendek yang menawarkan apresiasi harga jangka pendek yang menarik saat suku bunga turun.

Di Asia, data yang akan dirilis pada Senin termasuk notulen rapat Bank of Japan, data inflasi Malaysia dan Singapura, dan output industri Taiwan. Pasar tutup di India.

Pasar minyak sedikit berubah pada awal perdagangan hari Senin dengan perdagangan West Texas Intermediate sedikit di atas $80 per barel. Bitcoin sedikit lebih tinggi di sekitar $66.500.

(bbn)

No more pages