Logo Bloomberg Technoz

Hasil jajak pendapat ini mengindikasikan kewaspadaan di antara para ekonom terhadap sikap Gubernur Kazuo Ueda dan rekan-rekannya sesama anggota dewan setelah kenaikan suku bunga pertama pada Selasa dalam 17 tahun terakhir.

Setelah keputusan tersebut, yen melemah lebih dari 1% karena para investor kemungkinan berfokus pada desakan Ueda bahwa kondisi keuangan akan tetap mudah dan kurangnya kenaikan dalam panduan kebijakan BOJ.

Sementara hampir seperlima dari para ekonom yang disurvei juga berpandangan bahwa Ueda mungkin akan melangkah lebih lambat dari yang diharapkan, 55% dari para ekonom memperingatkan bahwa ada risiko yang lebih besar bagi gubernur untuk melangkah lebih cepat.

Ueda mengatakan pada Kamis bahwa BOJ bergerak minggu ini sebagian karena ingin menghindari keharusan menaikkan suku bunga dengan cepat jika terlambat. Pernyataan tersebut menunjukkan pergeseran dalam pemikirannya sudah berlangsung menjelang pertemuan minggu ini. Dia sebelumnya menyatakan bahwa hanya ada sedikit risiko untuk tertinggal di belakang kurva, berbeda dengan AS dan Eropa.

Meski begitu, lebih dari tiga perempat dari mereka yang disurvei mengatakan bahwa sinyal dari Ueda mengenai niatnya adalah baik atau sangat baik dibandingkan dengan 9% yang mengatakan buruk. Skor positif ini lebih tinggi dari 62% yang ia dapatkan setelah mengejutkan para pelaku pasar dengan perubahan kurva imbal hasil pada Juli lalu.

Ueda dan rekan-rekannya sesama anggota dewan memberikan serangkaian petunjuk bahwa pergeseran kebijakan semakin dekat pada musim semi ini. Akibatnya, langkah minggu ini secara luas diharapkan di pasar keuangan.  

Mencapai keseimbangan yang tepat antara suku bunga yang lebih tinggi dan mengelola neraca keuangan yang membengkak adalah salah satu tantangan terbesar yang dihadapi Ueda ke depan. Tugas tersebut bisa menjadi lebih rumit jika yen kembali melemah.

Sekitar 54% responden mengatakan bahwa ada risiko kenaikan BOJ jika yen melemah lagi, meskipun hampir sepertiga mengatakan bahwa mereka tidak melihat hal itu.   

Sekitar 40% mengatakan bahwa risiko intervensi mata uang oleh Kementerian Keuangan telah meningkat setelah penurunan yen bahkan setelah langkah normalisasi BOJ. Estimasi median dari level yen yang akan mendorong kementerian keuangan untuk melakukan intervensi adalah 155, menurut jajak pendapat tersebut.

Yen sempat mendekati 151,95 terhadap dolar pada malam hari setelah langkah BOJ. Sinyal Federal Reserve untuk tiga kali penurunan suku bunga AS yang akan datang tahun ini membantu membendung penurunan yen.

(bbn)

No more pages