Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Tambah 14 Proyek Strategis Nasional Baru Tahun Ini

Redaksi
20 March 2024 10:30

Proyek PSN Kementerian PUPR (Dok. Kementerian PUPR)
Proyek PSN Kementerian PUPR (Dok. Kementerian PUPR)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemerintah di bawah pimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menambah 14 usulan Proyek Strategis Nasional (PSN) baru periode November 2023 - Februari 2024. Pemerintah juga menargetkan pembangunan 41 PSN selesai pada 2024.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto selaku Ketua Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) melaporkan terdapat 14 usulan PSN baru periode November 2023 - Februari 2024 dengan mempertimbangkan faktor kesiapan proyek, pembiayaan dari swasta atau tanpa dukungan APBN, mendukung pemerataan ekonomi, menciptakan lapangan kerja, dan mendapat dukungan Kementerian sektor.

Selain usulan PSN Baru, terdapat pula 2 usulan penyesuaian nomenklatur dan penambahan lingkup program pada daftar PSN. 

“Ada PSN penyesuaian nomenklatur, perubahan dari ruang lingkup PSN itu sendiri,” ujar Airlangga usai Rapat Internal PSN yang dipimpin Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis pada Rabu (20/3).

Terkait 41 PSN yang ditargetkan rampung tahun ini, Airlangga memaparkan rinciannya. Sebanyak lima proyek selesai pada periode Januari-Maret 2024, 24 proyek ditargetkan selesai pada periode April-September 2024, dan 12 proyek ditargetkan selesai dalam periode Oktober-Desember 2024.