Logo Bloomberg Technoz

Sisa 1 Provinsi, Mungkinkah Pilpres 2024 Berlanjut ke Putaran II?

Redaksi
20 March 2024 16:15

Penghargaan kenaikan pangkat istimewa kepada Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto sebagai Jenderal TNI Kehormatan (Dok. instagram @jokowi)
Penghargaan kenaikan pangkat istimewa kepada Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto sebagai Jenderal TNI Kehormatan (Dok. instagram @jokowi)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pasangan calon nomor urut 02, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nyaris dipastikan menjadi pemenang pada Pemilu 2024. Pasangan yang didukung Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini kokoh pada posisi puncak dalam rekapitulasi nasional hingga 37 provinsi. Sisa tinggal rekapitulasi di Provinsi Papua.

Prabowo-Gibran tercatat unggul pada 35 dari 37 Provinsi. Mereka hanya kehilangan posisi pertama pada rekapitulasi Provinsi Aceh dan Sumatera Barat. Pada dua provinsi ini, paslon nomor urut 01, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar berhasil merebut posisi teratas.

Berdasarkan penghitungan Bloomberg Technoz dari data rekapitulasi sementara KPU, total suara sah Pilpres 2024 dari 37 provinsi mencapai 162.930.896 suara.

Dari jumlah ini, Prabowo-Gibran sudah menguasai 95.407.912 suara atau setara 58,56% suara sah nasional sementara. Keduanya hampir dipastikan akan menjadi presiden dan wakil presiden terpilih.

Mereka hanya tinggal menunggu kepastian perolehan suara di Provinsi Papua yang tercatat hanya memiliki daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 727.835 orang. Meski tak memperoleh suara, pasangan Menteri Pertahanan dan Wali Kota Solo ini tetap akan memenangkan Pilpres 2024 dalam satu putaran.

Karangan Bunga Ucapan Selamat Kemenangan Prabowo (Bloomberg Technoz/Ibnu)