Logo Bloomberg Technoz

Luhut Pastikan Pabrik BYD di Indonesia Siap Produksi Awal 2026

Pramesti Regita Cindy
20 March 2024 17:40

Peluncuran BYD untuk pasar mobil listrik di Indonesia. (Bloomberg Technoz/Dovana Hasiana)
Peluncuran BYD untuk pasar mobil listrik di Indonesia. (Bloomberg Technoz/Dovana Hasiana)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menjelaskan komitmen investasi baru China di Indonesia, termasuk rencana pembangunan pabrik kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) Build Your Dreams (BYD) di Tanah Air. 

Luhut mengatakan raksasa EV asal China itu akan siap mengoperasikan pabriknya di Indonesia pada awal 2026, dengan rencana tahap awal pembangunan dimulai pada Juli tahun ini.

"BYD sangat antusias dengan investasi ke Indonesia dan targetnya awal 2026, pabrik mereka bisa mulai berproduksi secara komersial di tanah air," tutur Luhut melaui akun Instagram resminya, dikutip Rabu (20/3/2024).

"Jadi kalau ada yang kemarin bilang kita ugal-ugalan, pergi lihat dahulu deh baru ngomong. Atau yang saya kritik kemarin, ya kritik aja pemerintah enggak apa-apa, kita senang kok dikritik, tetapi kritik itu untuk membangun negara ini bukan untuk merusak negara ini," lanjutnya, merujuk pada kalangan yang menyoroti kebijakan pemerintah terkait dengan ambisi hilirisasi nikel berikut pembangunan proyek EV dan baterainya di dalam negeri. 

BYD Seal dipamerkan dalam ajang IIMS 2024 di JIExpo, Jakarta, Kamis (15/2/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Komitmen investasi tersebut, kata Luhut, didapatkan usai kunjungan kerja Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan Septian Hario Seto ke Negeri Panda beberapa waktu lalu.