Logo Bloomberg Technoz

“Sementara momentum ekuitas telah mendukung risiko yang lebih luas, kami melihat implikasi yang terbatas dari pembalikan yang berkelanjutan kecuali jika terjadi kejutan suku bunga AS.”

S&P 500 ditutup sedikit di bawah 5.180. Obligasi terdorong lebih tinggi, dengan penjualan obligasi 20 tahun mencapai nilai US$13 miliar, yang menarik permintaan yang kuat.

Mata uang Yen turun efek bank sentral Jepang (Bank of Japan/BoJ) menahan diri untuk tidak mengisyaratkan kenaikan di masa depan pasca membatalkan rezim suku bunga negatif terakhir.

Perdangaan di Bursa Saham Jepang

Harga minyak naik di hari kedua pada pekan yang baru, sementara Bitcoin memperpanjang penurunan.  

Wall Street terpecah mengenai apakah kenaikan pasar saham yang luar biasa ini sudah terlalu jauh dan terlalu cepat.

Survei manajer investasi Bank of America terbaru menunjukkan bahwa para investor terpecah mengenai apakah saham-saham terkait kecerdasan buatan (AI) berada dalam bubble atau tidak - dengan 40% mengatakan “ya” dan 45% menjawab “tidak.”

The Fed diperkirakan akan mempertahankan suku bunga untuk pertemuan kelima berturut-turut pada hari Rabu. Bank sentral juga akan beralih ke proyeksi dot plot. 

Pola kebijakan dot-plot bank sentral AS atau The Fed.

Rangkuman proyeksi ekonomi akan mengungkapkan apakah data yang masih kuat memberikan alasan bagi para pejabat untuk membatalkan niat menurunkan suku bunga — atau apakah prospek mereka untuk tiga kali penurunan tahun ini tetap berada di jalurnya.

“Apakah kenaikan yield dan dolar dapat terus berlanjut, sangat bergantung pada apakah The Fed memvalidasi narasi hawkish atau tidak,” kata Win Thin dan Elias Haddad di Brown Brothers Harriman.

“Jika Jerome Powell dapat berpegang pada naskah hawkish, pesannya akan tetap konsisten dan reaksi pasar kemungkinan akan terbatas. Jika ia beralih dengan memberikan pernyataan yang lebih dovish, maka reaksi pasar kemungkinan besar akan cukup keras.”

Wall Street (Dok: Bloomberg)

The Fed akan memulai diskusi mendalam tentang neraca keuangannya pada minggu ini, termasuk kapan dan bagaimana memperlambat laju bank sentral menguras kelebihan uang tunai dari sistem keuangan.

Sejak 2022, The Fed telah membiarkan US$60 miliar dalam bentuk Treasury dan sebanyak US$35 miliar dalam bentuk utang hipotek yang didukung oleh agensi jatuh tempo setiap bulan, keluar dari neracanya, sebuah proses yang dikenal sebagai pengetatan kuantitatif.

“Dalam pandangan kami, komentar terkait rencana untuk neraca keuangan the Fed setidaknya akan sama pentingnya dengan komentar-komentar seputar potensi penurunan suku bunga,” kata Chris Senyek di Wolfe Research.

“Meskipun kami tidak mengharapkan pengumuman resmi tapering QT sampai pertemuan Mei, kami mengharapkan adanya warna di sekitar potensi waktu dan kecepatan penurunan suku bunga.”

Grafik balance sheet The Fed antara kewajiban dan modal pendanaan.

The Fed telah menyatakan preferensi untuk kembali ke portofolio khusus Treasury - sehingga laju limpasan MBS mungkin akan terus berlanjut, meskipun bank sentral mungkin akan lebih fleksibel untuk memperpanjang jadwal, memperlambat QT, menurut Naomi Fink di Nikko Asset Management.

(bbn)

No more pages