Logo Bloomberg Technoz

Terkait Teknologi AI, Google Membutuhkan Apple atau Sebaliknya?

Redaksi
19 March 2024 16:45

Ilustrasi iPhone. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi iPhone. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Produk kecerdasan buatan (AI) milik Google, Gemini, akan hadir pada 1 miliar pengguna iPhone di seluruh dunia. Peluang ini masih dalam penjajakan dan menjadi langkah kedua Google untuk menyebarkan layanan secara lebih luas.

Memasang AI generatif pada perangkat iPhone menjadi berita negosiasi terbesar dalam pekan ini sekaligus menjadi upaya Google memperluas jumlah pengguna Gemini, dilaporkan surat kabar Yomiuri Shimbun, dikutip Selasa (19/3/2024).

Google sebelumnya membayar US$18 miliar (sekitar Rp280,8 triliun ) kepada Apple Inc agar mesin pencariannya menjadi menu default di iPhone.

Keputusan negosiasi, yang dilaporkan Bloomberg News dan mungkin saja bisa batal, merupakan solusi masalah jangka pendek bagi kedua perusahaan.

Miliarder dan pemodal ventura, Chamath Palihapitiya, menulis komentar di media sosial X, sangat wajar jika Apple — dengan segala sumber daya dan dana — kini menjadi tergantung kepada pihak ketiga, penyedia layanan AI generatif seperti OpenAI dan Google.

Gemini AI.