Logo Bloomberg Technoz

Peluang Apple Kejar Ketertinggalan Atas Teknologi AI

Redaksi
19 March 2024 12:25

Tim Cook, CEO Apple.
Tim Cook, CEO Apple.

Bloomberg, Membawa kecerdasan buatan (Artificial intelligence/AI) generatif Gemini milik Google ke iPhone, menjadi gambaran bahwa Apple Inc telah tertinggal dalam persaingan baru teknologi. iPhone, yang menjadi produk paling berharga Apple Inc, kini harus ‘dipersatukan’ oleh produk rival mereka, Google.

Meski demikian membawa Gemini AI Google ke iPhone Apple, adalah kesepakatan yang dapat memecahkan masalah jangka pendek bagi kedua perusahaan. Beberapa pengamat teknologi menyebutkan sebagai “GeminiPhone”.

Kecerdasan buatan adalah tema teknologi hari ini dan Apple tidak serta merta jadi bagian dari para pengembang di fase awal. Tantangan Apple berikutnya adalah tetap menjaga janji perusahaan di hadapan investor saham, bahwa mereka tetap lebih baik dan paling bernilai. Jangan sampai kilau Apple kemudian memudar.

Kini para investor tengah kebingungan pada Apple. Pendapatannya stagnan. Sahamnya berkinerja buruk di bawah Nasdaq 100 sekitar 16 poin persentase, yang paling besar untuk memulai tahun sejak 2013.