Logo Bloomberg Technoz

Google & Apple Kolaborasi Pasang Gemini AI di iPhone

News
18 March 2024 16:30

Toko ritel Apple. (Dok: Bloomberg)
Toko ritel Apple. (Dok: Bloomberg)

Mark Gurman - Bloomberg News

Bloomberg,  Apple Inc sedang dalam pembicaraan untuk mengintegrasikan mesin kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) milik Google, Gemini, ke iPhone. Ini berpotensi menjadi kesepakatan besar yang mengguncang industri AI.

Menurut sumber, kedua perusahaan sedang aktif bernegosiasi agar Apple dapat melisensikan Gemini, rangkaian model generative AI Google, untuk mendukung beberapa fitur baru yang akan hadir pada perangkat lunak iPhone tahun ini. Apple juga baru-baru ini berdiskusi dengan OpenAI dan mempertimbangkan penggunaan model mereka.

Jika kesepakatan antara Apple dan Google tercapai, ini akan memperkuat kerja sama di bidang pencarian yang sudah ada antara kedua perusahaan. Selama bertahun-tahun, Google, anak perusahaan Alphabet Inc, telah membayar miliaran dolar kepada Apple setiap tahunnya untuk menjadikan mesin pencarinya sebagai opsi default di browser web Safari di iPhone dan perangkat lainnya. Kedua belah pihak belum memutuskan ketentuan atau branding dari kesepakatan AI ini, atau bagaimana implementasinya.

Kesepakatan ini akan memberi Gemini keunggulan utama dengan potensi miliaran pengguna baru. Namun, ini juga bisa menjadi tanda bahwa upaya Apple terkait kecerdasan buatan belum sejauh yang diharapkan banyak orang, dan berpotensi memicu pengawasan antimonopoli yang lebih ketat terhadap kedua perusahaan.