Logo Bloomberg Technoz

Venture Global Borong 9 Kapal LNG, Usai Cekcok dengan Shell dkk

News
18 March 2024 07:00

Sebuah kapal LNG berangkat dari fasilitas pelabuhan Rio Tinto Group di Karratha, Australia Barat./Bloomberg-Carla Gottgens
Sebuah kapal LNG berangkat dari fasilitas pelabuhan Rio Tinto Group di Karratha, Australia Barat./Bloomberg-Carla Gottgens

Ruth Liao dan Stephen Stapczynski - Bloomberg News

Bloomberg, Venture Global LNG Inc, eksportir gas alam cair atau liquefied natural gas (LNG) AS yang terlibat perselisihan dengan beberapa pelanggannya, mengakuisisi sembilan perusahaan pengangkut LNG dan memperluas operasi penjualannya untuk memasarkan kargo mereka.

Venture Global akan menjadi produsen LNG Amerika pertama yang membeli armada daripada menyewa atau menyewa kapal, dengan dua kapal pertama diperkirakan akan dikirimkan tahun ini, kata pendiri dan Chief Executive Officer Mike Sabel dalam sebuah wawancara.

Langkah ini membuka pintu bagi perusahaan untuk menjual kargo langsung ke pasar spot tanpa menggunakan rumah dagang atau perantara, sehingga memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan keuntungan dan memberikan keunggulan baru dibandingkan pesaing.

Shell Plc dan beberapa pelanggan Venture Global lainnya menuduh perusahaan tersebut menjual kargo spot yang sangat menguntungkan dari fasilitas ekspor barunya di Louisiana sambil menghindari kewajiban kepada pembeli yang dikontrak. Venture Global menyatakan bahwa mereka telah mematuhi kontraknya.