Logo Bloomberg Technoz

Internet 100 Mbps atau Pemerataan Internet, Kominfo Buka Suara

Muhammad Fikri
16 March 2024 10:00

Dirjen Aptika Kominfo, Semuel Pangerapan saat rapat di DPR. (Bloomberg Technoz/ Sultan Ibnu Affan)
Dirjen Aptika Kominfo, Semuel Pangerapan saat rapat di DPR. (Bloomberg Technoz/ Sultan Ibnu Affan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika (Aptika) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Semuel Abrijani Pangerapan memberikan tanggapan mengenai perbincangan yang ramai beberapa waktu lalu, yaitu mengutamakan perbandingan antara internet dengan kecepatan minimal 100 Mbps atau pemerataan koneksi internet.

Semuel mengatakan saat ini Kominfo sedang mengusahakan keduanya, yaitu menerapkan kecepatan koneksi internet minimum 100 Mbps, namun juga pemerataan koneksi internet.

“Kita dua-duanya [minimal internet 100 Mbps dan pemerataan koneksi internet]. Harusnya dua-duanya ya, enggak bisa hanya satu itu, makanya kita lakukan dua-duanya,” kata Semuel di Kantor Kemenkominfo, Jumat (15/3/2024).

Semuel juga mengatakan bahwa beberapa waktu belakangan ini Kominfo telah meluncurkan satelit untuk memperluas akses di daerah-daerah tertentu dengan tujuan meningkatkan ekonomi digital pada daerah tersebut.

“Kita punya barusan meluncurkan satelit, itu kan untuk perluasan akses di daerah-daerah tertentu supaya kita bisa meningkatkan ekonomi digitalnya,” kata Semuel.