Logo Bloomberg Technoz

BEI Luncurkan Single Stock Future (SSF) Mei 2024

Sultan Ibnu Affan
15 March 2024 20:00

Kayawan melintasi layar pergerakan perdagangan saham (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat (8/4/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Kayawan melintasi layar pergerakan perdagangan saham (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat (8/4/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bursa Efek Indonesia atau BEI berencana meluncurkan Single Stock Future (SSF) atau sebuah instrumen investasi kontrak berjangka pada April atau Mei 2024.

Kepala Divisi Pengembangan Bisnis I BEI, Firza Rizqi Putra mengatakan, pada awalnya, peluncuran SSF direncanakan pada Desember 2023. Akan tetapi, rencana ini ditunda karena BEI menilai pasar belum siap.

"Setelah persiapan lebih matang, mudah-mudahan bisa kami launching satu atau dua bulan dari sekarang," ujar Firza dalam sesi edukasi SSF kepada wartawan secara daring, Jumat (15/3/2024).

Terkait rencana itu, dia mengatakan, BEI telah melakukan sosialisasi dan edukasi kepada para Anggota Bursa (AB). Secara umum, para AB pun diklaim menyambut positif rencana peluncuran SSF. Mereka berharap mekanisme SSF dapat menjadi katalis peningkatan transaksi.

"Single Stock Future juga jauh lebih simpel dibanding dari semua produk yang sudah ada, semua ada standard guide-nya," ujar dia.

Karyawan melintas di depan layar pergerakan perdagangan saham (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)