Logo Bloomberg Technoz

Pada Juni 2023, Putin mengatakan bahwa Rusia telah mengerahkan beberapa senjata nuklir taktisnya di Belarusia, negara sekutu yang menjadi tempat latihan untuk serangan Rusia ke Ukraina. Rusia secara teratur mengadakan latihan untuk menguji sistem pengiriman senjata strategisnya, termasuk latihan peluncuran ICBM dan rudal jelajah jarak pendek.

Pada Februari 2024, menanggapi Presiden Prancis Emmanuel Macron yang menolak untuk mengesampingkan pengiriman pasukan ke Ukraina, Putin mengutip senjata strategis baru Rusia yang mulai digunakan dan mengatakan bahwa AS dan Eropa "harus memahami bahwa kami juga memiliki senjata yang dapat mencapai target di wilayah mereka dan semua ini benar-benar mengancam konflik dengan penggunaan senjata nuklir, dan oleh karena itu penghancuran peradaban."

Putin tampaknya melunakkan sikapnya beberapa waktu kemudian, dengan mengatakan kepada seorang pewawancara pada 13 Maret bahwa menggunakan senjata nuklir taktis dalam perang Ukraina tidak pernah terlintas dalam benaknya dan dia tidak berpikir Rusia dan AS sedang menuju konflik nuklir.

2. Apa itu senjata nuklir taktis?

"Taktis" adalah istilah yang kurang tepat untuk senjata nuklir yang dapat digunakan dalam medan perang. Secara umum, ini berarti senjata tersebut memiliki hulu ledak yang kurang kuat (kepala peledak rudal, roket, atau torpedo) dan dikirimkan pada jarak yang lebih pendek--dengan ranjau, artileri, rudal jelajah, atau bom yang dijatuhkan oleh pesawat terbang--daripada senjata nuklir "strategis" yang dapat diluncurkan oleh Amerika Serikat dan Rusia ke wilayah negara masing-masing dengan menggunakan rudal balistik antarbenua.

Perjanjian pengendalian senjata antara AS dan Uni Soviet (dan kemudian antara AS dan Rusia) yang dimulai pada tahun 1970-an sebagian besar berfokus pada jumlah senjata nuklir strategis, bukan senjata taktis.

3. Seberapa kuatkah senjata nuklir taktis?

Jika hulu ledak strategis paling kuat saat ini diukur dalam ratusan kiloton, senjata nuklir taktis dapat memiliki hasil ledakan kurang dari 1 kiloton; banyak di antaranya yang mencapai puluhan kiloton. Sebagai gambaran, bom atom yang dijatuhkan AS di kota Hiroshima dan Nagasaki, Jepang, pada tahun 1945 memiliki daya ledak sekitar 15 kiloton dan 20 kiloton.

4. Bagaimana serangan nuklir cocok dengan doktrin militer Rusia?

Sejak tahun 2000, doktrin militer Rusia yang disebarluaskan kepada publik telah mengizinkan penggunaan senjata nuklir "sebagai respons terhadap agresi skala besar yang menggunakan senjata konvensional dalam situasi yang sangat penting bagi keamanan nasional Federasi Rusia."

Strategi Rusia yang dikenal sebagai "eskalasi untuk meredakan ketegangan" mempertimbangkan penggunaan senjata nuklir taktis di medan perang untuk mengubah arah konflik konvensional sehingga pasukan Rusia berisiko mengalami kekalahan.

John Hyten, yang menjabat sebagai pejabat tinggi militer senjata nuklir AS, mengatakan bahwa terjemahan yang lebih akurat dari strategi Rusia adalah "meningkatkan untuk menang." Para diplomat Rusia, dalam upaya untuk meredam kekhawatiran tentang apa yang mungkin terjadi di Ukraina, mengatakan bahwa senjata nuklir akan digunakan untuk melawan pasukan konvensional hanya jika "eksistensi" Rusia "dalam bahaya."

5. Apa saja yang ada di gudang senjata Rusia?

Departemen Pertahanan AS melaporkan pada 2018 bahwa Rusia memiliki "keunggulan signifikan" dibandingkan AS dan sekutunya dalam hal kekuatan nuklir taktis dan meningkatkan kemampuan pengiriman. Para peneliti di Federasi Ilmuwan Amerika memperkirakan bahwa memasuki 2022, Rusia memiliki 4.477 hulu ledak nuklir, di mana 1.525 di antaranya--sekitar sepertiganya--dapat dianggap sebagai hulu ledak taktis.

6. Seperti apa bentuk serangan nuklir taktis?

Nina Tannenwald, penulis "Tabu Nuklir: Amerika Serikat dan Ketiadaan Penggunaan Senjata Nuklir Sejak 1945," melukiskan sebuah skenario tentang senjata nuklir yang kecil sekalipun, yang memiliki daya ledak 0,3 kiloton, dapat menghasilkan "kerusakan yang jauh melebihi bahan peledak konvensional."

Ia menulis di Scientific American pada Maret 2022, "dapat menyebabkan semua kengerian di Hiroshima, meskipun dalam skala yang lebih kecil." Akan tetapi, ada kemungkinan bahwa jika diledakkan pada ketinggian yang tepat, hulu ledak berkekuatan kecil dapat memusnahkan kekuatan lawan di bawahnya tanpa meninggalkan kerusakan radiasi jangka panjang yang membuat medan perang menjadi terlarang bagi semua orang.

7. Bagaimana tanggapan dunia?

Karena Ukraina bukan anggota Organisasi Pertahanan Atlantik Utara (NATO)--Putin menuntut agar Ukraina tidak diizinkan untuk bergabung--AS dan sekutunya tidak berkewajiban untuk membelanya. Namun, Barat akan berada di bawah tekanan besar untuk merespons serangan nuklir, bahkan mungkin dengan senjata taktisnya sendiri. Dari situ, semua orang bisa menebak.

"Saya rasa tidak ada yang namanya kemampuan untuk dengan mudah menggunakan senjata nuklir taktis dan tidak berakhir dengan Armageddon," Biden memperingatkan pada tahun 2022. AS diperkirakan memiliki sekitar 150 bom gravitasi nuklir B-61--bom yang dijatuhkan dari pesawat terbang, dengan hasil yang bervariasi yang dapat mencapai 0,3 kiloton--yang ditempatkan di lima negara NATO: Belgia, Jerman, Belanda, Italia, dan Turki.

Dua anggota NATO lainnya, Inggris dan Prancis, diketahui memiliki senjata nuklir sendiri. Dan Polandia menyatakan ketertarikannya untuk "berbagi" senjata nuklir AS, yang bisa berarti apa saja, mulai dari menawarkan jet pengawal atau pengintai untuk misi nuklir hingga menjadi tuan rumah bagi senjata tersebut.

(bbn)

No more pages