Logo Bloomberg Technoz

Pasar Kripto Masih Dipercaya di Tengah Badai Perbankan AS

Wike Dita Herlinda
17 March 2023 19:58

Ilustrasi koin kripto. (Photo by RODNAE Productions via pexels.com)
Ilustrasi koin kripto. (Photo by RODNAE Productions via pexels.com)

Bloomberg Technoz, Jakarta — Pasar kripto perlahan mulai kembali dipercaya masyarakat dalam sepekan terakhir, menyusul kolapsnya Silicon Valley Bank (SVB), Silvergate Capital, dan Signature Bank; yang notabene merupakan bank terbesar di industri aset kripto.

Harga ethereum sempat terperosok menjadi US$ 1.384 pada Jumat malam (10/3/2023) dan harga bitcoin anjlok ke level US$ 19.623 per koin pada Sabtu (11/3/2023). Harga kripto ethereum kemudian berangsur pulih menjadi US$1.629 pada Senin (13/3/2023). 

Dilansir dari situs resmi Upbit, berdasarkan hasil pengamatan pada Selasa (14/3/2023), harga BTC naik dan diperkirakan mencapai di angka US$ 25.000.

Presiden Direktur Upbit Indonesia Putra Nugraha menjelaskan, menurut pengamatan, pasar kripto kembali menghijau karena dampak bangkrutnya Silvergate Bank yang membuat masyarakat lebih mempercayai pasar kripto.

Pemerintah AS melalui Menteri Keuangan Amerika Serikat Janet Yellen, Chairman Federal Reserve Jerome Powell, dan Ketua Federal Deposit Insurance Corp (FDIC) Martin Gruenberg mengumumkan pernyataan bersama bahwa semua deposan SVB dan Signature Bank akan dapat kembali menarik dana mereka.